Nasional

Buruh Lagi Demo, Para Polwan cantik Ini Nari Gangnam Style

Ada yang menarik dalam peringatan hari buruh se-dunia (May Day) di depan Gedung Grahadi Surabaya kali ini. Di sela aksi para demonstran menuntut perbaikan kesejahteraan, ternyata muncul sekelompok polwan cantik yang tergabung dalam tim negosiator.

Mereka bukan hanya mematung menenangkan massa aksi. Lebih dari itu, mereka menyuguhkan tarian gangnam style yang dipopulerkan oleh penari Korea Selatan, Psy ketika masa rehat berlangsung.

Di bawah sengatan terik matahari, puluhan polwan dari Polda Jawa Timur dan Polrestabes Surabaya, itu bertingkah ala Psy. Mereka berbaris berjajar, memakai kaca mata hitam dan topi.

Sebagian polwan menari di atas trotoar di belakang kawat berduri, sebagian lagi membaur dengan para buruh dan polisi laki-laki. Tak syak, ternyata aksi para polwan itu diikuti para buruh yang mulai jenuh dengan orasi.

"Ya sekarang ini kan, polisi bukan lagi sebagai momok bagi masyarakat. Makanya polisi harus bisa bersikap humanis," terang Dankor Dalmas Polwan dan Negosiator Polda Jawa Timur, AKBP Elly Wahyuningtias.

Menurut dia, kini polisi tidak boleh lagi main pukul terhadap masyarakat, maka terbentuklah Dalmas. "Dengan tarian Gangnam Style ini kan polisi bisa mendekatkan diri dengan masyarakat tanpa harus main pukul," ujarnya.

Elly mengungkapkan, tarian tersebut sudah disiapkan sejak tiga hari menjelang May Day. Para polwan mempelajari tarian dari video di youtube. Kemudian tim berinisiatif menari di tengah para demonstran.

"Hasilnya asik-asik saja. Ya memang sih tadi sempat ada kericuhan antar buruh, tapi itu kan terjadi hanya salah paham saja, dan sudah berhasil dinetralisir kembali oleh bapak-bapak petugas."

Polwan dengan dua melati di pundak ini juga mengaku ingin memadukan tarian Gangnam Style dengan lagu-lagu lokal. Misalkan digabung dengan lagu Iwak Peyek, atau lagu lokal yang tidak asing di telinga masyarakat. Tujuanya agar lebih akrab.

Di antara para polwan itu ternyata ada mantan Kapolsek Mulyorejo, Kompol Herlina SIK. Dia kini bertugas di Polda Jawa Timur. Semasa masih menjabat Kapolsek Mulyorejo, Herlina cukup akrab dengan media.

Bahkan dia dikenal sebagai Polwan yang cukup 'genit' bila di depan kamera wartawan. Jadi wajar bila polwan yang menjadi polisi gara-gara pernah ditilang polisi itu, ikut membaur di antara rekan seprofesinya sambil berjingkrak ala Gangnam Style. (rep02)