Mendarat di Pekanbaru

SBY: Musibah Asap Harus Tuntas Tiga Minggu

Pekanbaru-Presiden SBY menginstruksikan kepada semua pihak bahwa penanggulangan Karhutla di Riau harus sudah tuntas dalam tiga Minggu. Instruksi tersebut bersifat lintas sektoral. Demikian disampaikan Presiden SBY saat menggelar pertemuan dengan Gubernur Riau, H Annas Maamun beserta Tim Satgas Penanggulangan Karhutla di Ruang Pandawa, Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, Sabtu (15/3/2014).
 
"Jadi saya tegaskan, dalam tiga minggu semua bencana kabbut asap di Riau ini harus tuntas," Kata Presiden SBY di depan para wartawan.
 
Menurut SBY, ancaman Karhutla sangat serius bagi masyarakat, khususnya anal-anak. Makanya harus secepatnya diselesaikan. "Sudah banyak sekali rakyat yang tidak berdosa di Riau ini menjadi korban atas kondisi ini. Sementara ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab masih berkeliaran, jangan lepaskan pelaku tersebut," tegas SBY.
 
SBY juga menyatakan para pembakar lahan harus dihukumberat. Musibah yang disebabkan para pembakar lahan ini sudah tidak bisa ditolerir lagi, karena sudah berlangsung hampir setiap tahunnya. "Jadi kita harus bersatu. Semua elemen harus bahu membahu secara massif dan terpadu. Jadi mari kita jaga bersama," tegas kembali.
 
Setelah melakukan pertemuan di di Ruang Pandawa, Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, langsung Presiden bertolak ke Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. (rep05)