Sport

Pemain Real Madrid Ini Terpukau Dengan Standar Liga Spanyol

Pemain sayap Real Madrid Gareth Bale memuji standar teknik Liga Spanyol dibandingkan dengan Liga Utama Inggris, hanya enam bulan sejak ia memulai karir dengan raksasa Spanyol itu.
 
Pemain Wales itu bergabung ke Real dengan biaya transfer yang dilaporkan sebesar 91 juta euro dari Tottenham Hotspur pada September, setelah ia dimahkotai gelar pemain terbaik Liga Utama Inggris oleh para sejawatnya serta pewarta sepak bola pada musim lalu berkat penampilan memukaunya.
 
Bagaimanapun, ia menikmati perubahan terhadap gaya bermain yang tidak terlalu mengandalkan kekuatan fisik di Spanyol dan terpesona dengan tekad sejumlah klub papan bawah klasemen untuk berusaha memainkan permainan yang mengandalkan operan-operan pendek.
 
"Perbedaan besar adalah taktik bermain dan cara semua tim memainkan sepak bola yang bagus. Tidak ada bola-bola panjang seperti di Inggris," ucapnya pada Kamis. "Itu merupakan hal terbesar perihal Spanyol, semuanya adalah mengenai operan dan gerakan. Ini merupakan pengalaman baru yang tentu saja saya pelajari dan nikmati."
 
"Semua tim, tidak peduli apakah mereka berada di atas atau di bawah (klasemen), berusaha memainkan sepak bola. Ini menyenangkan, ini merupakan liga yang hebat dan rasanya menakjubkan untuk dapat bermain di sini."
 
Serangkaian cedera mengganggu Bale untuk melakukan debutnya, namun saat ia kembali bugar dan menemukan kembali kemampuannya, hal itu bertepatan dengan laju 29 pertandingan tanpa terkalahkan yang ditorehkan Real sejak Oktober.
 
Kekalahan mengejutkan 0-1 yang dialami Barcelona dari Valladolid pada akhir pekan silam, membuat Real membuka selisih empat angka dengan rival abadi mereka itu di puncak klasemen. Bagaimanapun, Bale mengakui tidak ada yang mudah untuk mencapai tiga trofi dalam musim pertamanya di ibukota Spanyol.
 
Pada bulan depan Real dua kali menghadapi Barca di Liga Spanyol dan final Piala Raja, dan mereka bahkan dapat bertemu sebanyak empat kali dalam 25 hari jika hasil undian mempertemukan keduanya di perempat final Liga Champions. Barca mengamankan tempat mereka di perempat final pada Rabu melalui kemenangan agregat 4-1 atas Manchester City.
 
Sementara itu, Real praktis sudah masuk delapan besar sebab mereka unggul 6-1 atas Schalke di Jerman pada pertandingan pertama, dan Bale yakin timnya akan menghadapi ujian yang lebih berat pada putaran berikutnya. "Liga Champions dipenuhi tim-tim hebat, semua tim yang tersisa di kompetisi berpotensi dapat memenanginya."
 
"Bagi saya, semua orang yang tersisa di kompetisi dapat mempertimbangkan diri mereka sebagai favorit dan siapapun lawan yang kami hadapi berikutnya akan menjadi pertandingan sulit."
 
Bale telah mencetak 14 gol dan 11 assist dari 25 penampilannya di Liga Spanyol dan Liga Champions pada musim ini, namun ia yakin masih ada banyak hal yang harus diatasi saat dirinya menghadapi tantangan-tantangan awal dalam bentuk perubahan gaya hidup ketika berpindah negara. (Rep01)