Nasional

Catat Ini: Kanker Pembunuh Manusia Terbesar di Indonesia

Salah satu penyakit yang tidak bisa dianggap remeh adalah kanker. Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Pusat Nila Moeloek menilai, kanker adalah penyakit yang sangat berbahaya dan merupakan pembunuh terbesar di Indonesia.

"Saat ini, kanker sudah termasuk salah satu penyakit pembunuh terbesar di Indonesia," ujar Nila Moeloek dalam siaran persnya, Jakarta, Selasa (30/4).

Menurutnya, untuk mengatasi penyakit kanker diperlukan upaya pendeteksian secara dini. Pihaknya mengaku akan terus berupaya meningkatkan kesadaran warga Jakarta soal pentingnya penanggulangan kanker.

"Banyak masyarakat yang kurang peduli terhadap kanker. Hal ini memprihatinkan karena penderita pasien ini semakin banyak, maka diperlukan upaya preventif jauh-jauh hari," jelas Nila.

Menurutnya, istri Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Veronica Tan, yang menjadi ketua YKI DKI Jakarta, sangat mendukung program-program yang dilakukan oleh YKI. Dukungan itu diberikan pada kegiatan yang bersifat sosialisasi informasi, kegiatan edukasi dan pencegahan, serta kegiatan pengobatan.

"Kita juga perlu memberikan perlindungan agar mereka yang terkena kanker merasa terayomi sehingga hidup lebih bersemangat untuk mencari solusi untuk pengobatan," tandasnya. (rep02)