Sport

Barca vs Munich, Pamor Messi Dipertaruhkan

BARCELONA - Raksasa La Liga, Barcelona akan melakoni laga krusial kontra Bayern Munich pada leg kedua Semifinal Liga Champions di Camp Nou, Kamis (2/5) dinihari WIB. Kemenangan dengan marjin lima gol tanpa balas menjadi harga mati apabila Blaugrana ingin mengklaim tiket partai final.

Langkah Barcelona membalikkan keadaan bisa saja terjadi. Presiden Barca, Sandro Rosell pun percaya timnya bisa melakukan comeback gemilang untuk menyingkirkan The Bavarians. "Comeback melawan Bayern? Semua hal bisa saja terjadi. Semua orang harus percaya kami bisa membalikkan kedudukan dan menuju final," katanya.

Hal senada dikatakan mantan bek tengah Barcelona medio 2003-2010, Rafael Marquez. Ia dengan percaya diri mengatakan hanya Barcelona yang bisa membobol gawang FC Hollywood lima kali. "Jika ada satu tim yang bisa mencetak lima gol ke gawang Bayern, mereka adalah Barcelona. Tim ini memiliki para pemain terbaik dunia," tandasnya.

Los Cules adalah si jago comeback. Lionel Messi dkk pernah keluar dari posisi tertinggal sebelumnya. Di babak 16 besar, Barca kalah 0-2 di kandang AC Milan sebelum kemudian membalas dengan kemenangan 4-0 di Camp Nou, Barca saat itu maju ke perempatfinal dengan agregat 4-2.

Comeback hebat Barca juga terjadi di Liga Champions lebih dari sedekade silam, tepatnya pada musim 1999/2000 kontra Chelsea. The Blues mengantungi keunggulan nyaman pada first leg di Stamford Bridge setelah trigol dalam rentang delapan menit di babak pertama via kontribusi Gianfranco Zola (30') plus gol ganda Tore Andre Flo (34' dan 38') hanya dapat dibalas sekali oleh Luis Figo selepas turun minum.

Pada duel kedua di Camp Nou, posisi The Blues tampak cukup aman setelah Flo kembali menjebol gawang Barca guna menipiskan kedudukan 2-1 setelah tuan rumah mencetak dua gol lewat Rivaldo dan Figo. Namun Blaugrana mampu memaksakan laga berlanjut hingga perpanjangan waktu berkat tandukan Dani Garcia tujuh menit sebelum waktu normal habis. Di extra time, gol kedua Rivaldo melalui konversi penalti plus sundulan Patrick Kluivert memastikan skuad Louis van Gaal menang 5-1.

Comeback gemilang itu akan kembali diupayakan oleh bintang Barca, Messi. King Leo menyatakan siap untuk membantu El Barca membalikkan keadaan di leg kedua dinihari nanti. "Kini, kami bersiap untuk membalikkan keadaan," pungkasnya. Meskipun sangat tipis, jika diibaratkan hanya 0,1 persen saja, peluang Barcelona untuk lolos ke final, menurut pria Argentina itu masih tetap ada.

Sang Messiah sendiri tercatat sudah mencetak 12 gol ke gawang tim dari Liga Jerman. Di antaranya, yang patut diperhatikan adalah, dua gol dalam kemenangan Barcelona 4-0 atas Bayern Munich di Perempatfinal Liga Champions 2008/2009. Juga, dua gol ke gawang Vfb Stuttgart untuk kemenangan 4-0 di 16 besar Liga Champions 2009-10. Serta, yang lebih spektakuler, adalah lima gol ke gawang Bayer Leverkusen yang dibuatnya musim lalu dalam kemenangan 7-1.

Di tempat terpisah, pemain Bayern, Franck Ribery mengatakan timnya tetap tak akan tampil santai di leg kedua di Camp Nou. "Kami belum selesai. Akan sangat sulit di Camp Nou. Kami harus bermain seperti yang kami lakukan di leg pertama," katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Direktur Olahraga Bayern, Matthias Sammer. Dia mengatakan bahwa Bayern akan tetap tampil seperti pada leg pertama lalu. "Fokus kami di Barcelona harus pada performa dan bukan pada hasil," timpalnya. "Kami hanya harus membawa bola seperti yang kami lakukan di leg pertama dan bermain dengan kreativitas. Jika kami tidak melakukannya, itu akan berbahaya," lugasnya.

Bek Bayern, Dante juga menegaskan timnya tetap waspada dengan kekuatan Barca dan kemungkinan wakil Spanyol itu mengejar ketertinggalan 4-0. "Para pemain Spanyol pastinya sangat termotivasi dan agresif," katanya. "Kami bisa tampil bagus melawan Barcelona, tapi kami harus tetap waspada. Kami harus fokus dari awal hingga akhir untuk bisa ke final," imbuhnya

"Barcelona pastinya ingin membalas dendam. Mereka akan melakukan apa yang perlu untuk bisa lolos, tapi kami tak boleh memberikan mereka kejutan kepada kami. Satu hal yang pasti, mereka ingin sekali menang dan semua itu tergantung bagaimana Barcelona menembus pertahanan kami," demikian Dante seperti dilansir goal.com. (rep02/)