Buat Nadal Tak Berdaya

Wawrinka Juara Australian Open 2014

MELBOURNE - Turnamen Australian Open 2014 menjadi milik Stanislas Wawrinka. Peringkat delapan dunia itu berhasil mengalahkan Rafael Nadal dalam babak final dengan skor 6-3, 6-2, 3-6, 6-3.
 
Bertanding di Rod Laver Arena. Minggu 26 Januari, Wawrinka memulai laga dengan cukup percaya diri. Petenis nomor satu dunia pun berhasil ia tumbangkan di set pertama tersebut.
 
Memasuki set kedua, Wawrinka langsung mematahkan servis dari Nadal dan membuat ia sempat unggul 2-1. Kemudian, Nadal meminta medial timeout dan meninggalkan lapangan saat dirinya tertinggal.
 
Wawrinka pun sempat kesel dengan kondisi ini, terlebih wasit tak memberi tahu alasan Nadal menghentikan pertandingan. Petenis asal Swiss itu pun akhirnya melanjutkan pertandingan kembali usai izin selama tujuh menit.
 
Para penonton sendiri, tak kuasa memberikan cemoohan kepada Nadal karena hal tersebut. Kembali ke pertandingan, Nadal semakin tertinggal skor dari Wawrinka harus kembali takluk dengan skor 6-2.
 
Nadal memang terlihat tak cukup fit dalam babak final, cedera pinggang pun kembali kambuh meski masih bisa melanjutkan pertandingan. Pada set ketiga, Nadal mencoba bangkit dan memenangi set ini dengan 3-6.
 
Wawrinka yang sebelumnya menyingkirkan petenis nomor dua, Novak Djokovic, sukses mengunci kemenangan di set keempat. Dalam waktu 2 jam 21 menit, Wawrinkan pun berhasil meraih gelar juara perdananya di Australian Open.
 
Ia juga menjadi petenis yang sukses menumbangkan petenis peringkat satu dan dua, setelah Sergi Bruguera pada French Open 1993. Sementara itu, Nadal pun harus mengubur impiannya meraih gelar Grand Slam ke-14 dan gagal menyamai rekor milik Pete Sampras. (rep05)