Nasional

Menkes: Ada 3 Juta Anak yang Belum Imunisasi

Masih banyaknya anak di pedalaman yang belum diimunisasi menimbulkan banyak keprihatinan. Menanggapi ini Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi meminta agar para anggota PKK untuk menjemput anak yang belum diimunisasi.

"Ini yang kita kerjasama dengan PKK bisa dicari ke rumah sebenarnya itu pengalaman kita dulu. Dulu ada kader PKK bertanggung jawab pada 20 keluarga jadi mereka cari jadi jemput bola dan door to door," ujar Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi di acara pekan imunisasi, Kemenkes, Jakarta, Sabtu (27/4).

Menkes berharap, dengan cara tersebut angka 3 juta anak yang belum diimunisasi bisa ditekan dan target imunisasi tercapai.

"Jadi kita harapkan kalau enggak datang dicari, kenapa tidak datang sehingga bisa dicapai angka 100 persen sekarangkan baru 86,8 persen. 3 Juta tidak diimunisasi mereka adalah manusia yang perlu dilindungi," lanjut Mboi.

Tiga juta anak ini merupakan bagian dari 22 juta bayi di dunia yang belum mendapatkan imunisasi lengkap. Padahal setiap tahun 2-3 juta jiwa bayi dapat diselamatkan melalui imunisasi dari penyakit difteri, campak, pertusis, pneumonia, polio, rotavirus, diare, rubella dan tetanus. (rep02)