Nasional

Tak Serahkan Data Raskin, Lima Lurah Diultimatum

ilustrasi

PEKANBARU - Walikota Pekanbaru, Firdaus MT yang sempat geram terhadap kinerja lima Lurah karena tak tahu data penerima Beras Miskin (Raskin) tampaknya bakal berlanjut. Pasalnya, kelima Lurah yang bertugas di Kelurahan Delima, Sidomulyo, Maranti Pandak, Rumbai Bukit dan Kampung Bandar, sampai, Rabu (18/12/2013) kemarin belum juga menyerahkan data Raskin.

Akibatnya, kelima Lurah itu dideadline sampai hari ini, Kamis (19/12) harus menyerahkan data tersebut ke Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. "Sampai hari ini (kemarin), kelima Lurah itu belum menyerahkan data yang diminta pak Walikota. Mereka harus menyerahkannya besok (hari ini)," tegas Asisten III Setdako Bidang Ekonomi, Raja Dorman Djohan, Rabu (18/12/2013).

Deadline itu, tegasnya lagi, sebagai bentuk tanggungjawab Lurah terhadap kinerjanya melayani masyarakat. "Batas waktu yang diberikan ini merupakan sikap tegas Pemko. Karena kalau tak segera diserahkan yang terancam tak mendapatkan Raskin adalah warga. Makanya ini tanggungjawab Lurah yang harus dipenuhi," jelasnya.

Pasalnya, terang Dorman, penyaluran Raskin direncanakan dalam hitungan hari ke depan. "Kalau masih juga bandel sampai besok (hari ini) kelima Lurah itu tak menyerahkan data penerima Raskin-nya, resiko tanggung sendiri," ancamnya.

Dorman tak menampik lambannya mengumpulkan data penerima Raskin bukti kebobrokkan kinerja lima Lurah tersebut. "Bukan cuma Pemko yang jauh hari mengingatkan soal ini. Malahan pak Walikota sendiri juga ikut cerewet soal ini. Buktinya waktu rapat koordinasi kemarin, kelima Lurah itu tak bisa menjawab saat diminta datai data itu. Kita akan evaluasi Lurah yang lalai itu," ketusnya. (rep1)