Sosialita

Ingin Menjadi Karate-Do Tangguh

Muhammad Farras Budiman

MENJADI seorang Karate-Do tangguh adalah impian setiap atlet. Dengan begitu, dirinya ingian menjadi sosok olahragawan khususnya pada cabang beladiri untuk mengukir prestasi dari berbagai iven. Harapannya, menjadi Karate-Do tak hanya sukses sebagai atlet dengan gemilang prestasi di arena, namun sukses menemukan karier dan masa depan dengan produktifitas.

Itulah sepenggal asa Karate-Do, Muhammad Farras Budiman, remaja yang tergabung dalam pembinaan Pengurus Cabang (Pengcab) Seni Beladiri Tangan Kosong (TAKO) Kabupaten Rokan Hilir. Meski baru bergabung Maret 2013 lalu, remaja kelahiran Pekanbaru, 26 November 2000 ini terus mengasa kemampuannya disetiap iven apabila dipercayakan pelatih.

Baru-baru ini, dirinya turun dikelas +40 kilogram pada open karate di Sei Galuh, Kabupaten Kampar. Meski gagal meraih medali, tapi dirinya menjajaki tahap lanjutan dan harus kandas diurutan empat dan mendapatkan sertifikat dari panitia.   

Penggemar marching band ini juga mencintai seni musik tanpa meninggalkan rutinitas latihan karate yang sudah terjadwal setiap minggunya. "Target ke depan sih ingin mengumpulkan medali sebanyak-banyaknya pada setiap iven yang diikuti," ujar Farras, begitu ia disapa saban harinya.

Siswa kelas 8 SMP Perguruan Wahidin, Bagansiapiapi ini juga tengah mempersiapkan diri mengikuti seleksi untuk memperebutkan tiket menuju Kejuaraan Daerah (Kejurda) dalam waktu dekat di Pekanbaru. "Sekarang terus melatih kemampuan menghadapi seleksi 21-22 Desember nanti untuk memperebutkan tiket menuju Kejurda yang akan digelar di Pekanbaru," sebutnya sembari tersenyum.

Sebagai atlet karate-do, Farras tak lepas mengunci dirinya berlatih berbagai jurus dan kuda-kuda sebagai dasar setiap karate-do serta
metode untuk menguatkan, dan memperkokoh kemampuan. "Dasar setiap karate-do harus mampu menguasai kuda-kuda, setelah itu melatih pukulan, tendangan, tangkisan, dan jurus-jurus dalam karate. Dan, yang tak kalah pentingnya banyak mengonsumsi nutrisi yang seimbang. Selain itu, push up dalam olahraga karate juga tal boleh ditingalkan. Karena push up adalah elemen penting dalam beladiri karate," paparnya. (jib)