Parkir di Halaman Bank

Rp70 Juta Raib di Jok Motor

ilustrasi/net
RENGAT - Abdul Hasyim (37) warga Jalan Arif Rahman Hakim Kota Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) jadi korban perampokan, Rabu (4/12/2013) sekitar pukul 10.30 WIB. Uang Rp70 uang disimpan di jok Yamaha Soul yang dikendarai Abdul Hasyim dibawa kabur pelaku.
 
Peristiwa terjadi ketika, Hasyim bersama temannya Ardison (30) mengambil uang di Bank Rakyat Indonesia (BR) Rengat sebesar Rp175 juga. Uang itu akan digunakan untuk membayar upah tukang dan kebutuhan pelaksanaan proyek salah satu perusahaan milik keluarga Abdul Hakim.
 
Setelah uang diambil, Hasyim membagi dua masing-masing Rp105 juta dan Rp70 juta. Uang Rp105 juta dibawa Hasyim dan dimasukkan dalam bajunya untuk disetorkan ke Bank Mandiri Rengat, yang berada di sebelah Bank BRI sedangkan uang Rp70 juta diletakkan dalam jok sepeda motor.
 
Selanjutnya Hasyim dan Ardison menuju Bank Mandiri dengan menggunakan dua sepeda motor yakni Yamaha Soul yang berisi uang dan Honda Beat. Kedua sepeda motor ini kemudian diparkirkan di halaman Bank Mandiri Rengat.
 
Hasyim kemudian masuk ke dalam Bank Mandiri sedangkan Ardison menunggu di luar sambil duduk di atas sepeda motor Yamaha Soul yang berisi uang senilai Rp70 juta. Karena antrian panjang, Hasyim keluar dari bank dan meminta Ardison untuk mengisi BBM sepeda motor Honda Beat sehingga  Yamaha Soul ditinggal Ardison di parkiran.
 
Setelah selesai mengisi BBM sepeda motor Honda Beat, Ardison kembali lagi ke Bank Mandiri. Namun alahkah terkejutnya dia ketika ketika mengetahui uang yang ada dalam jok sepeda motor Yamaha Soul sudah tidak ada lagi. Ardison kemudian memberitahu Hasyim yang saat itu telah selesai menyetorkan uang senilai Rp105 juta.
 
Kejadian tersebut kemudian dilaporkan ke pihak keamaan Bank Mandiri. Ternyata saat kejadian, tidak satupun keamaan bank yang berada di parkiran dan mereka tidak mengetahuinya. Kemudian pihak Bank Mandiri memperlihatkan hasil rekaman CCTV kepada Hasyim didampingi polisi.
 
Diceritakan Hasyim, dari hasil rekaman CCTV, terlihat ada sebuah mobil yang parkir tepat di belakang motor Yamaha Soul tersebut bahkan Ardison sempat menggeser motor berisi uang itu agar tidak terlalu dekat dengan mobil. “Dari mobil tersebut, turun seorang laki-laki dengan badan besar tapi tidak terlalu tinggi, menuju ATM. Namun di ATM, pria itu tidak melakukan apapun selain melihat-lihat suasana di parkiran,” jelas Hasyim.
 
Begitu Ardison pergi membeli BBM dengan sepeda motor Honda Beat, pria tersebut keluar dari ATM dan menuju motor Yamaha Soul dan langsung mengangkat bagian tengah jok motor secara paksa. Pelaku meraih uang pecahan Rp100 ribu senilai Rp70 juta yang tersimpan di dalam kantong plastik hitam. 
 
Setelah berhasil mendapatkan uang, pelaku tidak masuk ke mobil melainkan naik sepeda motor yang ternyata juga sudah menunggunya dan langsung meninggalkan parkiran Bank Mandiri disusul dengan mobil yang ditumpanginya.
 
Kapolres Inhu, AKBP Aris Prasetyo Indaryanto dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim, AKP Meilki Bharata didampingi KBO Pidana Umum Reskrim, Ipda Laurent Simanjuntak membenarkan kejadian itu. “Kita sudah meminta keterangan dari keduanya, dan kasus ini masih dalam penyelidikan kita,” jelasnya. (rep1)