PAD Naik Rp140 Miliar

DPRD Sahkan APBD-P Rp2,640 Triliun

SAHKAN APBD-P - DPRD Rohil mengesahkan APBD-P 2013 Rp2,640 triliun yang diajukan Pemkab Rohil melalui Bupati H Annas Mamaun. Usai ditandatangani draf

BAGANSIAPIAPI - DPRD Rokan Hilir mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2013 Rp2,640 triliun, Senin (25/11/2013) malam dalam sidang paripurna. APBD-P ini mengalami kenaikan dari sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp140 miliar dari sebelumnya Rp2,5 triliun.

Dalam sidang paripurna itu, seluruh farkasi di DPRD setuju atas Rancangan Peraturan Daeran (Ranpernda) APBD-P yang diajukan Bupati Rohil, H Annas Maamun yang turut hadir bersama Wakil Bupati H Suyatno saat itu, sehingga sidang paripurna tak berlangsung lama.

Sidang sendiri dipimpin Ketua DPRD, Nasruddin Hasan dan Wakil Ketua M Ridwan, serta Wakil Ketua Djamiludin dihadiri para anggota dan seluruh pejabat eselon II, III dan IV Pemkab Rohil di aula kantor DPRD, Jalan Merdekan Bagansiapiapi.

Bupati H Annas Maamun dalam paparannya menyakatan, APBD-P Rohil 2013 naik dari sebelumnya Rp2,5 triliun menjadi Rp2,640 triliun. Kenaikan ini sebesar Rp140 miliar itu didapat dari PAD. "PAD itu dari sektor itu termasuk dari dana bagi hasil pajak migas atau dana perimbangan," sebut Annas.

Namun demikian, Annas menyampaikan permohonan maafnya kepada masyarakat dan DPRD karena pengesahan APBD-P 2013 yang dinilai terkesan lamban. "Perlu diluruskan, belakangan ini Pemkab Rohil harus menyiapkan segala sesuatunya dalam mengajukan Ranperda APBD-P tersebut. Namun, semua itu bukan kesengajaan. Ke depan, pelajaran berharga ini semoga tidak terulang lagi," terangnya.

Menanggapi APBD-P itu, Ketua Pansus Banggar, Darwis Syam, saat membacakan draf Ranperda APBD-P 2013 menyatakan, perubahan anggaran ditahun berjalan atas kegiatan yang menyebabkan terjadinya sudah tepat sehingga APBD-P naik menjadi Rp2,6 triliun.

"Pada APBD murni lalu, DPRD mengesahkan anggaran sebesar Rp2,5 triliun. Dan, kali ini APBD-P 2013 naik menjadi Rp2,6 triliun yang diajukan Pemkab Rohil cukup membuat DPRD bangga. Sehingga, upaya Pemkab Rohil dalam menggali PAD dinilai lebih baik dari sebelum," sebut Darwis.

Diakhir penghujung sambutan, Darwis Syam menyampaikan bahwa semua fraksi di DPRD telah sepakat APBD-P 2013 untuk segera disahkan agar bisa digunakan secepatnya. "Semua fraksi DPRD sepakat agar APBD-P Rpr2,6 triliun malam ini (kemarin) disahkan supaya bisa secepatnya digunakan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam menggesa pekerjaannya," terang Darwis.

Sementara itu, Ketua DPRD, Nasrrudin Hasan menambahkan, dalam waktu yang tinggal satu bulan jelang tutup tahun 2013, DPRD mengharapkan semua SKPD dapat mengunakan dana tersebut tepat sasaran. "Walaupun masih tinggal satu bulan lagi tutup tahun 2013 ini, semoga APBD-P dapat digunakan tepat waktu. Sehingga, seluruh SKPD diminta menggesa pengerjaannya," harap Nasruddin. (rep1)