Herman dan Annas Sama-sama Yakin Menang

Cagubri Rebutkan 4.000.459 Suara

Dua pasangan calon yang bertarung, H Herman Abdullah-Agus Widayat (HA) dan Annas Maamun-Arsyadjuliandi Rachman (Aman) sama-sama yakin terpilih menjadi

PEKANBARU - Hari ini, Rabu (27/11/2013), pemungutan suara atau coblosan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Riau digelar. Dua pasangan calon yang bertarung, H Herman Abdullah-Agus Widayat (HA) dan Annas Maamun-Arsyadjuliandi Rachman (Aman) sama-sama yakin terpilih menjadi Gubernur-Wakil Gubernur Riau periode 2013-2018.

Sementara, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, Tengku Edy Sabli, Selasa (26/11/2013) mengatakan, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) masih sama dengan Pemilukada Riau putaran pertama 4 September lalu, yakni 4.000.459 jiwa. Sebanyak 4.000.459 suara yang tersebar di 12 kabupaten/kota se-Riau itulah yang akan diperebutkan HA dan Aman.

Edy mengatakan, 4.000.459 warga yang masuk dalam DPT akan menyalurkan suaranya di 11.669 Tempat Pemungutan Suara (TPS). KPU yakin pemungutan suara akan berjalan lancar. "Segala persiapan telah kita lakukan. Persiapan untuk pemungutan suara sudah rampung," katanya.

Dalam DPT, lanjut Edy, pemilih berjenis kelamin laki-laki sebanyak 2.051.643 jiwa, pemilih wanita 1.948.816 jiwa. Sedangkan DPT terbanyak berada di Kota Pekanbaru, yakni 587.479 jiwa dengan 1.768 TPS. Selanjutnya, jumlah pemilih paling sedikit berada di kabupaten termuda di Riau, yakni Kepulauan Meranti, 136.892 jiwa dengan 494 TPS. Dengan begitu, jumlah suara yang akan diperebutkan kedua Cagubri sebanyak 4.000.459 suara yang menyebar di 12 kabupaten/kota.

Ketua Tim Pemenangan Aman, yang juga calon wakil gubernur, Arsyadjuliandi Rachman optimis pasangan nomor urut dua ini bisa unggul di 10 kabupaten/kota. "Insya Allah kita optimis bisa unggul di 10 kabupaten/kota. Hal ini berdasarkan perkembangan peta politik terbaru," katanya.

Menurut pria yang akrab disapa Andi itu, pada putaran pertama lalu pasangan ini unggul di enam kabupaten/kota, yakni Rokan Hilir, Dumai, Kepulauan Meranti, Siak, Bengkalis dan Pelalawan. "Berdasarkan peta politik putaran kedua, kita optimis juga bisa unggul di Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Rokan Hulu dan Kuantan Singingi," katanya.

Ketika ditanya berapa persen keunggulan pasangan Aman secara keseluruhan, Andi mengaku belum bisa memastikannya. "Mengenai persentase keunggulan di masing-masing kabupaten memang bervariasi," tukasnya.

Pada putaran pertama, pasangan Aman meraih suara tertinggi yakni 685.291 suara atau 28,83 persen. Pada putaran kedua, pasangan Aman yang diusung Partai Golkar bertambah kuat seiring bergabungnya partai politik yang jagoannya kalah pada putaran pertama. Parpol yang mengalihkan dukungannya itu yakni PKS, PDI Perjuangan dan PKB.

Sebelumnya, calon gubernur nomor urut satu, Herman Abdullah juga menyatakan optimis menang. Ia yakin bisa mendapatkan 56 persen suara untuk mengantarkannya sebagai pemimpin Bumi Lancang Kuning ini.

Pada putaran pertama, HA meraih suara tertinggi kedua yakni 546.714 suara atau 23,00 persen. Herman yakin menang pada putaran kedua juga karena kekuatannya bertambah. Pasangan nomor urut satu ini pada putaran pertama diusung 10 parpol yakni, Gerindra, PBB, Hanura, PDS, PKNU, PDK, PKPB, Patriot, PPN dan PKBIB. Pada putaran kedua pasangan ini bertambah kokoh dengan bergabungnya PAN dan Demokrat. (rep1)