Pilgubri Putaran II

Polres Rohil Perketat Pengawasan Daerah Perbatasan

Kapolres Rohil , AKBP Tonny Hermawan dan rombongan mengunjungi kawasan perbatasan Rohil-Dumai di Kepenghuluan Darussalam, Sinaboi, Selasa (26/11/2013

PEKANBARU - Pengawasan wilayah perbatasan terus ditingkatkan untuk mencegah kecurangan seperti mobilisasi massa dari luar daerah pada pemungutan suara Pilgubri putaran kedua, Rabu (27/11/2013) hari ini. Selasa (26/11/2013) Kemarin, Kepala Kepolisian Resort Rokan Hilir, AKBP Tonny Hermawan dan rombongan mengunjungi kawasan perbatasan Rohil-Dumai tepatnya di Dusun II Kepenghuluan Darussalam, Sinaboi. Ikut serta Ketua Panwaslu Rohil A Latief dan Penghulu Darussalam, Ashari dan jajarannya.

Sebelumnya, Kapolres juga telah mendatangi lokasi tersebut. Menurut Kapolres, kunjungan untuk kedua kalinya itu karena ia ingin memastikan keadaan kondusif, tidak terjadi gangguan yang berpotensi menghambat proses Pemilukada Riau putaran kedua. "DPT di Teluk Dalam (Kepenghuluan Darussalam) sekitar 29 orang, sementara di sini ada sekitar 134 orang," kata Kapolres.

Sebelumnya, Kepolisian Daerah Riau menetapkan status siaga satu untuk pengamanan Pemilukada putaran kedua. Dalam mengantisipasi kondisi darurat yang bisa mengancam keamanan dan ketertiban ini, Riau dibantu kepolisian tiga provinsi tetangga.

Kepala Bidang Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo mengatakan siaga satu sudah dinyatakan sejak 18 November 2013 lalu. "Siaga satu baru akan berakhir pada 8 Desember 2013," katanya.

Untuk pengamanan Pemilukada Riau putaran kedua, lanjut Guntur, Polda menurunkan 6.666 personel. "Personel itu dari Polresta, Polres dan Polsek jajaran Polda Riau. Pasukan ini sudah disiagakan sejak 7 November 2013 lalu," ungkapnya.

Dalam pengamanan, kata Guntur lagi, Polda Riau mendapat Bantuan Kerja Operasional (BKO) dari Polda terdekat, yakni Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Barat (Sumbar) dan Jambi. Tiga Polda itu menurunkan personel Brigade Mobil (Brimob) di wilayah perbatasan.

BKO Brimob dari Sumbar akan disiagakan di Kabupaten Kampar, Pelalawan dan Rokan Hulu. Dari Sumut akan disiagakan di Rokan Hilir, Bengkalis dan Dumai. Sementara BKO dari Jambi akan disiagakan di Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan Kuantan Singingi.

Menurut Guntur, total BKO Brimob yang ditempatkan berjumlah 402 personel. "Di setiap kabupaten akan disiagakan sekitar 33-34 personel Brimob, sedangkan untuk wilayah Pekanbaru, Kepulauan Meranti dan Siak akan disiagakan Brimob Polda Riau," jelasnya. (rep1)