Hari Kesehatan Nasional

Tenaga Medis Diminta Tingkatkan Pelayanan

HARI KESEHATAN NASIONAL - Wakil Bupati Rohil, H Suyatno, Senin (18/11/2013) menyematkan pin kepada tenaga dokter teladan di Hari Kesehatan Nasional ke
BAGANSIAPIAPI - Wakil Bupati Rokan Hilir, H Suyatno meminta tenaga medis meningkatkan layanan sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat. Dengan begitu, peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2013, Senin (18/11/2013) lebih bermakna ketimbang dirayakan secara seremonial belaka.
 
Lanjut Suyatno, di hadapan para tenaga medis pada upacara HKN di Kantor Bupati kala itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohil berjanji akan terus melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan layanan kesehatan masyarakat. Namun, semua itu, pesan Suyatno, tak lepas dari dukungan tenaga medis yang bertugas di seluruh daerah di Rohil.
 
"Tak penting menggelar acara seremonial pada HKN tahun ini. Tenaga medis lebih baik meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat. Dengan begitu, semua pelayanan terutama yang berkaitan dengan program kesehatan untuk menghadapi tahun anggaran 2014 dapat tercapai," sebut Suyatno.
 
Namun demikian, lanjutnya, tahun anggaran 2014 mendatang, program pembangunan di bidang kesehatan yang telah diajukan ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rohil diharapkan berjalan dengan baik.
 
"Saya sudah berkoordinasi dengan Bappeda dan Dinas Kesehatan pada 2014 semua menyangkut program kesehatan harus diajukan. Ini dilakukan, karena masih banyak hal-hal yang berkaitan dengan masalah kesehatan yang belum selesai," papar Wakil Bupati Rohil, H Suyatno, di sela memimpin apel peringatan HKN ke-49 di Bagansiapiapi itu.
 
Permasalahan pelayanan kesehatan yang belum selesai itu, tambah Suyatno, hampir ditemukan di sejumlah daerah yang ada di wilayah Kabupaten Rohil. "Saya melihat masih banyak yang belum selesai. Termasuk menyangkut sarana dan bangunan puskesmas hingga Polindes. Untuk itu, semua yang belum selesaikan itu, harus segera dirampungkan," kata Suyatno.
 
Sementara, di wilayah Kabupaten Rohil masih ada daerah yang belum memiliki puskesmas yang presentatif. Daerah tersebut yakni di Kecamatan Pekaitan. Karena, pelayanan kesehatan di Kecamatan Pekaitan tersebut sepenuhnya masih ditangani oleh Puskesmas Bagansiapiapi. Sehingga, masyarakat di Kecamatan Pekaitan yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan yakni didapatkan di Puskesmas Pembantu (Pustu).
 
Selain itu, Wakil Bupati Rohil, H Suyatno menyampaikan apresiasi setinggi-tinginya kepada para tenaga medis yang bertugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Karena, tanpa ada kehadiran tenaga medis di semua daerah termasuk di daerah terpencil, masyarakat bakal sulit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Untuk itu, pelayanan kesehatan yang telah diberikan tersebut diharapkan dapat terus ditingkatkan di masa-masa mendatang. (rep1)