Nasional

Riau Gelontorkan Rp40 Miliar Bangun Museum Perempuan

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Pekerjaan  Umum (PU) membangun museum perempuan yang berlokasi di kawasan Bandar Serai Purna MTQ. Pembangunan tersebut menghabiskan anggaran dana sekitar Rp40 miliar.

Peresmian pembangunan atau peletakan batu pertama dilakukan Kepala Dinas PU Riau, SF Haryanto, Rabu (6/11/2013). Menurutnya, pembangunan tersebut dianggarkan dua tahun anggaran."Untuk tahun 2013 dalam APBD-P dianggarkan Rp2,4 miliar. Sisannya APBD 2014," ujarnya.
 
Menurut Hariyanto, pembangunan museum tersebut sempat menemui berbagai kendala, seperti lokasi. "Awalnya pembangunan museum perempuan dianggarkan tahun 2011, namun kita belum menemukan lokasi yang tepat. Sehingga dananya terpaksa dikembalikan ke kas daerah," katanya.
 
Kemudian tahun 2013, pihaknya memilih kawasan Purna MTQ sebagai tempat pembangunan museum perempuan tersebut "Pembangunan museum ini nantinya akan memiliki dua lantai dengan konsep Melayu modern.  Ini merupakan museum perempuan pertama yang ada di Indonesia," ungkapnya.
 
Sementara itu, Dewan Pembina Perempuan Riau Bangkit Foundation (PRBF) Hj Septina menyebutkan, pembangunan museum perempuan tersebut terinspirasi dari keberadaan museum serupa yang sederhana di Johor, Malaysia. "Museum di Johor itu sangat sederhana. Namun, memiliki data dan informasi tentang perempuan dan kepemimimpinanya di Johor. Inilah yang mendorong kita untuk membangun museum serupa di Riau," harapnya.
 
Hadir dalam acara peletakan batu pertama itu, Sekdaprov Riau H Zaini Ismail, Ketua PRBF Hj Roslaini Ismail Suko dan sejumlah pejabat Pemprov dan pengurus organisasi kewanitaan di Riau. (rep1)