Sport

Vettel Kian Bergelimang Rekor

Jakarta - Cemoohan dari sejumlah penonton di beberapa balapan harus diterima Sebastian Vettel musim ini. Namun, keberhasilannya merengkuh gelar juara dunia keempat menegaskan fakta bahwa Vettel sudah masuk jajaran pebalap legendaris F1.

Kemenangan Vettel di GP India, Minggu (27/10/2013), membuat pebalap Red Bull itu sudah memastikan titel juara--yang keempat secara beruntun untuknya--kendatipun musim masih menyisakan tiga seri. Itu merupakan kemenangan keenam Vettel secara beruntun dan yang ke-10 secara total musim ini.
 
Dalam sejarah F1, sebelumnya cuma ada tiga pebalap lain yang bisa meraih empat gelar, yakni Michael Schumacher (tujuh gelar), Juan Manuel Fangio (lima gelar), dan Alain Prost (empat gelar). Vettel pun bergabung dengan mereka.
 
Yang luar biasa, Vettel menggenapkan empat gelarnya tersebut pada usia 26 tahun, jauh lebih muda dari Schumacher (32), Prost (38), dan Fangio (45) saat mereka memastikan gelar keempatnya masing-masing. Dari nama-nama itu pun cuma Schumacher, Fangio, dan Vettel saja yang bisa meraih gelar-gelarnya secara beruntun.
 
"Saya pikir Sebastian sudah semakin tumbuh tahun ini; caranya mengemudi, inilah tahun terbaiknya," komentar Tim Prinsipal Red Bull Christian Horner di ESPN F1.
 
"Ia terus menambah tolok ukur tingkat persaingan dan yang menarik tentang dirinya adalah ia baru 26 tahun, ia sudah melakukan 117 grand prix, ia kini telah memenangi 36 di antaranya dan sekarang juara dunia empat kali."
 
"Ia tidak menang karena kebetulan dan ia tidak mencapai semua hasilnya begitu saja, ia mencapainya dengan memiliki kemampuan alami yang luar biasa, komitmen besar, etos kerja tinggi, dan ia juga menyemangati dan menginspirasi orang-orang di sekelilingnya," puji Horner. (rep1)