Fokus Rohil

Suak Temenggung Ingin Raih Lagi Predikat Terbaik Pungut PBB

 

BAGANSIAPIAPI - Kepenghuluan Suak Temenggung, Kecamatan Pekaitan, tahun 2012 lalu meraih predikat terbaik dalam pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perkotaan dan Perdesaan (P2) dan mendapatkan penghargaan dari Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Kabupaten Rohil. Tahun ini, keberhasilan itu ingin diraihnya kembali dengan mengajak warga memberikan kontribusi positif dalam hal pemasukan kas daerah.
 
Hal itu ditegaskan plt Camat Pekaitan, Taryono SE, belum lama ini. "Pada prinsipnya, pelaksanaan pembangunan yang sedang gencarnya dilaksanakan oleh Pemkab Rohil di segala bidang, jelas memerlukan dana. Dana yang diserap untuk pelaksanaan pembangunan itu, salah satunya berasal dari penarikan pajak dan retribusi di semua daerah termasuk di Kecamatan Pekaitan. Makanya tahun ini kita ingin mendapatkan predikat terbaik lagi dalam pemungutan pajak dan retribusi," sebut Taryono.
 
Berkaitan dengan itu, tambah Taryono, pihaknya tetap terus melakukan sosialisasi dan penyuluhan tentang masalah retribusi dan pajak kepada masyarakat di setiap ada kesempatan. "Selain itu, saya juga melakukan koordinasi kepada semua penghulu dan perangkatnya termasuk masyarakat untuk dapat taat membayar pajak maupun retribusi. Karena, dengan ketaatan dan kesadaran yang telah tinggi itulah, setidaknya ada satu kepenghuluan di wilayah Kecamatan Pekaitan mendapatkan penghargaan kinerja terbaik dalam melaksanakan pemungutan PBB Perdesaan maupun perkotaan," jelasnya. 
 
Salah satu daerah yang mendapatkan penghargaan itu, tambah Taryono, yakni Kepenghuluan Suak Temenggung sebagai kinerja terbaik pemungutan PBB Perkotaan dan Pedesaan untuk wilayah I yang meliputi Kecamatan Bangko, Sinaboi, Batu Hampar dan Pekaitan. 
 
"Penghargaan itu telah diserahkan oleh Dinas Pendapatan Kabupaten Rohil. Dengan kondisi seperti itu, jelas kesadaran masyarakat dalam menyukseskan pembayaran pajak maupun retribusi dinilai sangat tinggi. Untuk itu, saya mengajak dna menghimbau agar keberhasilan yang telah dicapai dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan di masa-masa mendatang," sebut Taryono.
 
Sedangkan prestasi lain yang telah diraih oleh Kecamatan Pekaitan, tambah Taryono, yakni mendapatkan juara harapan I pada lomba Desa tingkat Kabupaten Rohil di tahun anggaran 2012 lalu juga  didapatkan Suak Temenggung. Kemudian, di tahun anggaran 2013, juga mendapatkan penghargaan juara harapan II tingkat lomba Desa yang diraih oleh Kepenghuluan Teluk Bano II.
 
"Meski kecamatan ini baru dibentuk 3 tahun lalu. Namun prestasi terus kita ukir. Mudah-mudahan di tahun 2014 mendatang, Kecamatan Pekaitan bisa meraih banyak prestasi lainnya," harap Taryono. (rep1)