Fokus Rohil

Jalan Lintas Bangko Pusako Rusak Berat

BANGKO PUSAKO - Jalan lintas Bangko Pusako-Teluk Bano tepatnya di Kepenghuluan Teluk Bano, Kecamatan Bangko Pusako sepanjang 150 meter mengalami rusak berat. Akibat jalan berlubang dan menganga ini, kerab terjadi kemacetan bahkan kecelakaan lalu lintas. Pemerintah diminta mencarikan solusi mengatasi hal tersebut.

Dari pantauan di lapangan, Senin (30/9/2013), jalan sepanjang 150 meter itu kondisinya hancur, apalagi saat ini memasuki musim penghujan yang mengakibatkan ruas jalan berlumpur dan sulit untuk dilalui. "Bagaimana kami mengangkut hasil panen kalau kondisi jalan sulit dilalui. Jalan kaki saja sulit, bagaimana kendaraan bisa melintas dengan baik," keluh salah seorang warga Teluk Bano, Hartono (35) saat itu ketika menunggu antrian panjang untuk melintas jalan tersebut.

Menurutnya, jika hujan datang, jalan menjadi berlumpur dan penuh dengan kubangan. Akibatnya, kenderaan dipastikan banyak terpuruk. Penyebab lainnya, sebut Hartono, jalan lintas itu sering dillalui truk melebihi tonase muatan. "Perlu penertiban yang dilakukan oleh pemerintah. Sehingga kondisi jalan ini tidak semakin parah. Jika mobil pengangkut sawit dengan muatan melebihi tonase terus dibiarkan, maka diperbaiki seperti apapun jalan ini ya tetap saja begitu," jelas Hartono.

Menanggapi hal tersebut, Datuk Penghulu Teluk Bano Norman, mengatakan, kerusakan jalan lintas itu sudah tiga bulan terakhir. "Memang perlu penertiban truk pengangkut sawit yang melebihi kapasitas muatan. Namun demikian, kita minta Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melalui dinas terkait mencarikan solusinya. Sebab, jalan ini adalah urat nadi masyarakat," sebutnya. (rep1)