Fokus Rohil

Pasokan Raskin di Baganbatu Perlu Ditambah

Pasokan beras miskin (raskin) untuk Kepenghuluan Baganbatu, Kecamatan Bagansinembah, masih mengalami kekurangan dan perlu ditambah. Pasalnya, dalam waktu dekat
warga Kepenghuluan Baganbatu ini bakal menerima jatah raskin tersebut.

Menurut Datuk Penghulu Baganbatu, Drs H Muchtar Waslin, sejauh ini jumlah raskin yang diterima dan dibagikan untuk warga Kepenghuluan Baganbatu ada 12 ton.

Namun karena Kelurahan Baganbatu Kota kini telah terbagi, maka jumlah raskin yang kita terima turut pula terbagi," ujarnya, beberapa waktu lalu.

Walaupun begitu, lanjutnya, semua raskin tersebut terbagi dengan tepat sasaran. "Hanya saja, jumlah raskin yang kita bagikan masih jauh dari yang dibutuhkan. Karena dari 4.445 KK jumlah warga Kepenghuluan Baganbatu yang layak menerima raskin sekitar 700-an KK. Kalau yang kita terima hanya 12 ton atau 12.000 kg, maka bila dibagikan 700-an KK tersebut, maka per KK hanya mendapat sekitar 17 kilogram," terangnya.

Lebih jauh Waslin menjelaskan, kalau dengan jumlah 17 kg warga per KK yang mendapat raskin itu, tentu masih sangat jauh dari yang diharapkan. "Sebab raskin itu sendiri diterima setiap warga  per tiga bulan, bahkan kadangkala sampai 4 bulan baru diterima," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Waslin mengharapkan kepada pihak terkait, dalam hal ini Bulog Dumai, untuk menambah jumlah raskin untuk Kepenghuluan Baganbatu. "Dengan perincian seperti ini, jelas kami dari Kepenghuluan Baganbatu sangat berharap adanya penambahan kuota raskin, khususnya untuk Kepenghuluan Baganbatu sendiri," harap Waslin.(rep-01)