Riau Raya

Wako Setuju Trayek TMP Diperluas hingga ke daerah Penyangga Pekanbaru

PEKANBARU- Rencana Perusahaan Daerah Pembangunan memperluas jangkauan pelayanan bus Trans Metro Pekanbaru hingga ke daerah penyangga Kota Pekanbaru, mendapat lampu hijau dari Walikota Pekanbaru, Firdaus MT.

Hal itu dikatakan Firdaus pekan lalu. "Kita setuju dengan usulan PD Pembangunan untuk memperluas trayek bus TMP. Pasalnya kita  sudah menerima beberapa permintaan dari  warga yang tinggal di daerah penyangga atau yang berbatasan langsung dengan Kota Pekanbaru baik secara lisan maupun tulisan agar Trans Metro sampai ke daerah mereka," katanya.

Firdaus menambahkan permintaan yang banyak masuk itu seperti dari Kampar wilayah Rimbo Panjang, Siak Hulu dan juga Minas yang masuk Kabupaten Siak. "Awal tahun depan akan kita coba dulu untuk trayek anglomerasi tujuan Siak Hulu-Buluh Cina," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Firdaus mengungkapkan mobilisasi masyarakat dari daerah penyangga ke Kota Pekanbaru terbilang cukup tinggi. Namun Pemko  tidak bisa memberi subdisi untuk tarif ke wilayah itu seperti halnya dalam Kota Pekanbaru yang hanya Rp3.000. "Mengingat wilayah tersebut tidak lagi masuk dalam wilayah Kota  Pekanbaru maka kita tidak bisa menberikan tarif yang bersubdisi," katanya.

Firdaus mengatakan, rencana untuk tarif Trans Metro khusus trayek anglomerasi akan dipatok sekitar Rp6.000 - Rp7.000. "Untuk pengadaaan sarana pendukung lainnya di daerag penyanggah tersebut seperti halte sepenuhnya akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten masing-masing. Namun untuk wilayah Siak Hulu sudah ada beberapa halte yang siap dibangun dengan dana berasal dari partisipasi masyarakat dan perusahaan swasta yang beroperasi di wilayah tersebut," tutupnya. (rep1)