Hukum

Makan Korban, Warga Pasang Peringatan di Jalan Yos Sudarso

net

PEKANBARU - Warga yang tinggal di sekitar Jalan Yos Sudarso, di ujung Jembatan Siak I arah Rumbai, mulai Sabtu (21/9/2013), memasang ban di tengah jalan dan menuliskan peringatan bahwa jalan di sana bergelombang. Hal l ini, mengantispasi makin banyak jatuh korban kecelakaan di ruas jalan tersebut.

Muklis (34), warga setempat mengatakan, pemasangan peringatan di tengah jalan sudah terjadi selama tiga hari berturut-turut. Alasannya, kecelakaan sering terjadi di wilayah ini sehingga masyarakat berinisiatif untuk melakukan pemasangan peringatan ini.  "Gelombang (jalan) nya semakin tinggi, jadi kendaraan roda dua bisa saja terbalik langsung sehingga dibuat peringatan semacam itu," ungkapnya Senin (23/9/2013).

Muklis sangat menyayangkan sikap Dinas Pekerjaan Umum Kota Pekanbaru yang tidak peka terkait dengan kondisi jalan Yos Sudarso yang semakin parah. Padahal kondisi jalan ini sudah lama menjadi sorotan warga yang tinggal di Rumbai "Kita minta dinas terkait melakukan perbaikan terhadap jalan ini," katanya.

Pantauan di Jalan Yos Sudarso Rumbai, kondisi jalan yang baru selesai dikerjakan pembangunannya tahun lalu, kini  sangat memperihatinkan sekali. Sejumlah pengendera terpaksa pelan-pelan dan sangat hati-hati melewati kawasan itu. Karena, jalan bergelombang ini sudah sering memakan korban akibat kecelakaan.

Beberapa waktu sebelumnya, pihak DPRD Riau juga telah mempertanyakan hal itu kepada Dinas PU saat melakukan rapat di DPRD Riau. Saat itu Dinas PU beralasan bahwa struktur tanah di  jalan ini sangat lembek sehingga gampang bergelombang karena basah. (rep1)