Sport

Raikkonen akan Putuskan Masa Depannya

Enstone - Kimi Raikkonen dikabarkan akan segera memutuskan apakah akan bertahan di Lotus atau pindah ke tim lain. Rumor kembalinya pebalap Finlandia itu ke Ferrari juga makin menguat.

Spekulasi soal Raikkonen bermula ketika tim Red Bull mencari pengganti Mark Webber, yang akan meninggalkan Formula 1 pada akhir musim ini. Saat itu Raikkonen menjadi salah satu kandidat kuat bersama dengan pebalap Toro Rosso, Daniel Ricciardo.

Meski pada akhirnya Red Bull memutuskan mengontrak Ricciardo, isu terkait Raikkonen tak berhenti. Giliran Ferrari yang disebut-sebut tertarik memakai jasanya di musim depan dan menyandingkannya bersama Fernando Alonso.

Lotus sebenarnya tak ingin melepas pebalap utamanya itu. Raikkonen pun meminta tim yang bermarkas di Enstone, Inggris itu menunjukkan keseriusan mereka untuk mempertahankannya dengan memberikan jaminan finansial dan teknis.

Prinsipal tim Lotus Eric Boullier mengatakan bahwa timnya telah melakukan upaya semampunya untuk mempertahankan juara dunia 2007 itu. Sementara laporan yang beredar menyatakan bahwa Raikkonen tinggal selangkah lagi bergabung dengan Ferrari dan keputusan akan dibuat dalam 48 jam ke depan.

"Keputusan lebih banyak bergantung padanya karena dia sudah mendapatkan sebuah penawaran dari kami," kata Boullier seperti dikutip Autosport.

"Kami tahu dia punya beberapa hal yang harus kami suplai dan selesaikan untuk mengakhiri diskusi. Tapi sekarang Kimi berada dalam posisi di mana ia sedang dikejar oleh sebagian besar tim dan dia akan memutuskan." katanya.

"Dia tahu apa yang dia dapatkan bersama kami, tapi dia tidak tahu apa yang akan dia dapatkan jika dia berpindah tim." sebutnya. (rep1)