Fokus Rohil

Peternak Rimba Melintang Mampu Penuhi Permintaan Lokal

BAGANSIAPIAPI - Selain bergerak di sektor pertanian tanaman pangan, ternyata Kecamatan Rimba Melintag memiliki potensi dibidang peternakan seperti lembu dan sapi serta kambing. Jelang masuknya lebaran Idul Adha nanti, ternak-ternak seperti kambing maupun lembu dan sapi untuk pelaksanakaan ibadah qurban diyakini mampu memenuhi permintaan dalam lokal.

"Kegiatan di sektor peternakan ini termasuk salah satu produk unggulan yang dimiliki oleh Kecamatan Rimbamelintang. Permintaan terhadap ternak dari Kecamatan Rimbamelintang setiap tahunnya terus mengalami peningkatan," kata Camat Rimba Melintang, H Syamzani, Kamis (29/8/2013).

Untuk permintaan hewan qurban tahun ini khususnya yang berasal dari Kecamatan Rimba Melintang, tambah Syamzani, belum dapat diprediksikan apakah ada peningkatan maupun sebaliknya. Kendati tidak dapat diprediksikan, namun mengacu pada pelaksanaan tahun sebelumnya, pemintaan ternak untuk memenuhi pelaksanaan ibadah qurban terpenuhi.

"Yang jelas, kita berharap ada peningkatan tahun ini. Dan untuk diketahui, ternak-ternak yang dihasilkan dari wilayah kita itu ternyata kondisinya boleh dikatakan mampu memenuhi kebutuhan lokal. Artinya, mampu memenuhi kebutuhan dari dalam kabupaten Rohil sendiri," terangnya.

Syamzani menjelaskan, Kecamatan Rimba Meintang memiliki banyak kegiatan peternakan yang dilakukan oleh masyarakat secara individu maupun perkelompok. Malahan, melalui kegiatan peternakan tersebut setidaknya sudah mampu menghasilkan produk baru berupa pupuk cair yang berasal dari limbah ternak.

"Itu makanya, sektor peternakan itu menjadi salah satu produk unggulan bagi Kecamatan Rimbamelintang. Dimana, selain pertanian dan palawija, kita juga mengembangkan peternakan baik hewan besar maupun unggas,'' kata Syamzani. (rep1)