Tanggung Jawab Berat

RT/RW di Pekanbaru Tuntut Kenaikan Uang Insentif


PEKANBARU -  Sejumlah Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) dari empat  kecamatan dan empat kelurahan se-Kota Pekanbaru meminta uang insentif dinaikan. Uang yang diterima para ketua RT/RW selama tiga bulan sekali itu, tak sebanding dengan tanggung jawab yang dipikulnya.

Hal ini ditegaskan Yatim, salah seorang ketua RW di Kelurahan Kulim menilai bahwa uang insetif sebagai bantuan pemerintah terhadap kinerja para RT/RW dapat dinaikan sebagai partisipasi pemerintah atas tanggung jawab. Apalagi tugas dan tanggung jawab saat berat ketika berlangsungnya Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada).

"Ya, saya berharap pak Walikota dapat menaikan uang insentif para Ketua RT/RW. Mudah-mudahan usulan kami ini dapat dipertimbangkan," katanya, pada acara Silahturahmi RT/RW  menyambut bulan suci Ramadhan 1434 H/2013 Masehi, digelar di Kediaman Rumah Dinas Walikota, Jumat (5/7/2013).

Yatim juga mengatakan momen silatuhrahmi seperti ini dapat berlanjut antara masyarakat dengan pimpinannya di Kota Pekanbaru. Apalagi saat ini pembangunan di Tenayan Raya sudah berjalan dengan baik. Kedepannya kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Kampar ini sebagai gerbang pintu masuk menuju Kota Pekanbaru.

"Saya berharap pak Walikota juga mempertimbangkan semakin dekatnya Pemilukada yang digelar pada September mendatang. Tentu tugas dan tanggung jawab kami sangat berat dan besar. Mudah-mudahan pak Walikota mempertimbangkannya juga," harapnya dilansir halloriau.cm.

Ditempat yang sama, Walikota Pekanbaru Firdaus MT menanggapi permintaan kenaikan insentif RT/RW menyatakan akan mempertimbang usulan tersebut. Meski tidak bisa langsung direalisasikan pada 2013 ini. Namun usulan tersebut Walikota meminta camat untuk segera berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Tolong Pak Camat dan Buk Camat, segera diurus ya pencairan untuk insentif RT/RW menjelang bulan puasa ini," ujarnya.

Mengenai besarannya ia menyatakan memang masih sama dengan tahun lalu. Akan tetapi tidak tertutup kemungkinan akan dinaikan dari Rp350 jadi Rp500 untuk RW dan untuk RT Rp250 naik jadi Rp350.(rep2)