Nasional

Akhirnya Riau Diguyur Hujan

Kota Bagansiapiapi, Selasa (25/6) diselimuti kabut asap tebal. (rep/01)


JAKARTA - Kondisi hotspot yang makin meningkat dan Selasa (25/6/2013)   mencapai puncaknya 265 titik maka Wakil Gubernur Riau, H.R. Mambang, dalam rapat koordinasi Satgas memerintahkan Komandan Tanggap Darurat Brigjen Teguh Rahardjo untuk meneruskan dan mengoptimalkan operasi pemadaman titik api dengan darat dan udara.

Hari ini  menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB   Sutopo Purwo Nugroho pesawat Hercules  sudah melakukan penyemaian awan sebanyak 1 sorti x 3 ton di atas daerah Bengkalis dan Utara Pekanbaru, sedangkan 3 helikopter bolco melakukan water bombing sebanyak 9 sorti x 500 liter air di wilayah Tanah Putih, Ujung Tanjung, Rokan Hilir. Helikopter bolco terpaksa menginap di Koramil Ujung Tanjung karena hujan dan jarak pandang kurang baik.

Sore ini sekitar jam 17.00 Kota Pekanbaru sudah mulai turun hujan cukup deras dan dilaporkan juga beberapa daerah seperti Kampar, Pelalawan, Bengkalis dan lainnya juga sudah mulai hujan.

Rapat sidang kabinet terbatas  Senin  malam (24/6/2013)  Presiden SBY memerintahkan untuk menambah 2000 pasukan dari TNI dan Polri untuk membantu operasi pemadaman darat di Riau.

Sore ini sekitar pukul 16.00 Wib telah tiba sebanyak 600 personil TNI di Lanud TNI AU Pekanbaru. Selanjutnya sudah dilakukan briefing penjelasan operasi pemadaman titik api oleh Satgas Posko penanggulangan bencana asap. Apel siaga dan pengiriman bantuan personil ke wilayah titik api akan dipimpin oleh Kepala BNPB, Syamsul Maarif,  pada 26 Juni 2013 di Lanud AU Pekanbaru. (rep/01)