Sport

Luar Biasa, Jay Idzes Antar Venezia Promosi ke Serie A Italia

Pemain Venezia, Jay Idzes menjadi pemain Indonesia pertama yang membantu sebuah tim promosi ke Serie A. (dok. Venezia FC)

Jakarta - Pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes, berhasil membawa timmya Venezia promosi ke Serie A. Dengan prestasi tersebut, Jayh Idez mencetak sejarah sebagai pemain Indonesia pertama yang membawa sebuah tim promosi ke Serie A.

Jay Idzes melakukannya setelah Venezia meraih kemenangan 1-0 atas Cremonese pada final leg 2 playoff Serie A di Stadion Pier Luigi Penzo, Senin (3/6) dini hari WIB.

Pemain naturalisasi Timnas Indonesia itu tidak mencetak gol di laga ini. Gol tunggal kemenangan I Leoni Alati, julukan Venezia, dijaringkan Christian Gytkjaer pada menit ke-24.

Pemain asal Denmark itu dengan tenang melepaskan tembakan kaki kiri di dalam kotak penalti setelah menerima umpan terukur dari Gianluca Busio yang merangsek ke pertahanan lawan.

Keberhasilan Venezia mempertahankan skor 1-0 juga berkat solidnya pertahanan mereka. Trio Jay Idzes, Michael Svoboda, dan Marin Sverko mampu memastikan gawang Venezia yang dikawal Jesse Joronen aman dari kebobolan sepanjang pertandingan.

Kisah sukses Venezia ini juga diwarnai dengan kepercayaan pelatih Paolo Vanoli kepada Jay Idzes. Pemain yang direkrut dari Go Ahead Eagles pada awal musim ini mencatatkan total 29 penampilan dan tampil selama 2.098 menit di lapangan.

Pemain berusia 24 tahun ini juga terbilang produktif. Tiga gol mampu dicetaknya bersama Venezia yang kembali ke Serie A setelah menanti selama dua tahun.

Jay Idzes dan kawan-kawan jadi tim terakhir yang mengamankan tiket promosi. Venezia mengikuti jejak Parma dan Como yang sudah lebih dulu melakukannya.**