Nasional

Inilah Kelebihan iPhone 13 Pro Dibandingkan Sebelumnya

Meskipun sudah diluncurkan sejak lama, iPhone 13 Pro masih menjadi salah satu smartphone Apple yang masih dicari banyak pengguna. Bagi para konsumen, iPhone 13 Pro ini seperti mengembalikan konsep awal smartphone flagship tersebut. Sebab, bentuknya dibuat secara kompak atau ramah dalam genggaman tangan.

Tidak Hanya itu saja, iPhone 13 Pro ini juga memiliki sederet kelebihan yang masih relevan untuk jangka panjang. Untuk mengetahui apa saja kelebihan yang ada dalam iPhone 13 Pro, simak ulasannya di bawah ini.

1. Desain Kembali Kompak

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa bentuk iPhone 13 Pro ini adalah kecil kompak. Bahkan, desainnya sama persis dengan iPhone 12 Pro tahun lalu. Hanya saja ada yang membedakan antara dua iPhone tersebut.

Kedua perbedaan itu terletak pada poni dan tonjolan kameranya. Untuk bagian poni, Apple mengatakan bahwa iPhone 13 Pro punya poni 20% lebih kecil dibandingkan pendahulunya. Pada dasarnya, memperkecil ukuran poni adalah langkah Apple agar tampilan layar si ponsel semakin memuaskan.

Sementara itu, tonjolan kamera belakang smartphone ini semakin tebal dibandingkan iPhone 12 Pro. Alasannya tidak lain karena sensor kamera yang dipakai memakan tempat lebih besar. Di sisi lain, perubahan yang ada tidak begitu besar

2. Memiliki Refresh Rate Tinggi

Apple akhirnya memberi dukungan refresh rate tinggi pada sektor tampilan smartphonenya. Bahkan, jumlahnya pun termasuk tinggi, yakni 120Hz. Tentunya dengan refresh rate sebesar itu membuat pengalaman dalam gulir layar lebih mulus.

Meskipun begitu, tampilan mulus dengan refresh rate tinggi bukannya tanpa efek samping. Semakin banyak gambar yang ditampilkan setiap detik, maka semakin banyak juga daya yang dibutuhkan. Alhasil baterai smartphone pun jadi boros.

Masalah ini dapat ditanggulangi oleh Apple dengan fitur ProMotion atau refresh rate adaptif dalam bahasa sederhananya. Fitur ini bekerja secara otomatis untuk menurunkan setelan refresh rate sesuai dengan aktivitas yang dilakukan oleh pemilik ponsel.

3. Performa Kencang

Tidak jauh berbeda dengan perangkat sebelumnya, iPhone 13 Pro ditenagai dengan chipset baru bernama Apple A15 Bionic. Pada dasarnya, chipset tersebut masih bisa dibuat dengan cara yang sama dengan A14 Bionic, yakni melalui fabrikasi 5 nm.

Namun, A15 Bionic terlihat lebih mantap karena beberapa hal. Pertama, frekuensi yang disetel untuk enam core CPU-nya lebih kencang. Dua core performa Avalanche disetel 3,22 GHz, sedangkan empat core efisiensi Blizzard 1,82 GHz.

Kedua, jumlah core GPU-nya bertambah satu menjadi lima. GPU baru ini diklaim Apple 50% lebih kencang dibandingkan GPU pada chipset flagship para pesaingnya. Sebagai catatan, chipset A15 Bionic dengan GPU lima core hanya ada pada iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. iPhone 13 tanpa Pro menggunakan A15 Bionic dengan GPU empat core.

Ketiga, chipset A15 Bionic kini punya neural engine sebanyak 16 core. Fungsinya untuk menangani fitur Cinematic Mode pada perekaman video, dan Smart HDR 4 pada fotografi. Keempat, ada racikan baru pada prosesor gambar (ISP) yang mampu membuat foto bisa minim noise dan lebih pandai dalam memetakan temperatur warna lingkungan.

Dari hal tersebut, kita bisa melihat bahwa iPhone 13 Pro ini sangat menjanjikan performa yang kencang.

Demikian kelebihan yang ada di dalam  iPhone 13 Pro. Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk para pembaca.***