Nasional

Wow ! 20 Tahun Lagi Ekonomi RI Bernilai Rp 600 Ribu Triliun

Jakarta : Prospek ekonomi Indonesia hingga 20 tahun ke depan diprediksi kurang lebih mencapai Rp 600 ribu triliun. Besarnya angka tersebut, membuat pasar Indonesia begitu seksi di mata dunia.
 
"Prospek ekonomi kita 20 tahun ke depan kurang lebih Rp 600 ribu triliun, konsumsinya sekitar 60 persen dari angka itu sekitar Rp 360 ribu triliun. Konsumsi masyarakat Indonesia saat ini 60% dari produk domestik bruto (PDB)," ungkap Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan dalam sambutannya di acara pembukaan Pameran Interior & Craft (ICRA) 2013, di Jakarta Convention Center, Rabu (5/6/2013).
 
Di sisi lain, Gita mengaku khawatir akan masuknya produk-produk asing ke dalam negeri. Hal ini mengingat konsumen dalam negeri cenderung berparadigma konsumtif daripada berinvestasi.
 
"Jangan sampai jumlah 60% ini diisi oleh produk-produk asing," ujarnya.
 
"Jumlah ini sebenarnya cukup proporsional untuk diisi produk-produk dalam negeri. Produk yang basic lah, yang bisa dikonsumsi siang malam," lanjutnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, dia mengatakan produsen-produsen asing mencari pasar-pasar yang seksi seperti Indonesia, India dan Brazil. Yang dimaksud dengan seksi adalah pasar dengan tingkat konsumsi masyarakat yang tinggi.
 
"Anak-anak muda sekarang lebih konsumtif. Peluang ini harus dimanfaatkan oleh produsen dalam negeri. Kesempatannya luar biasa," kata dia.
 
Gita juga mengatakan peluang tersebut harus dimanfaatkan dengan bertanggung jawab dan bertujuan meningkatkan ekonomi negara. Hal tersebut karena Indonesia termasuk negara yang kompetitif.(rep03)