Nasional

Proyek Tol Sumatera 2000 Kilometer Dikucur Rp2 Triliun

JAKARTA - Pemerintah mengungkapkan ada sekitar 15 proyek prioritas pada 2013-2014 yang menjadi unggulannya saat ini. Salah satunya, yang tengah digodok adalah pembangunan jalan tol Sumatera sepanjang 2.000 kilometer.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, saat ditemui di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa (28/5) mengatakan, pemerintah telah menyuntikkan dana untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menggarap proyek tol Sumatera.    

"Pembangunannya dilakukan secara bertahap. Ditargetkan 2022 sudah selesai. Anggaran yang sudah diinjeksikan Rp2 triliun melalui APBN," katanya dilansir vivanews.com.

Selain tol Sumatera, Hatta mengatakan, ada belasan proyek unggulan lainnya yang menjadi prioritas pemerintah, seperti pelabuhan dan di luar sektor riil yang dikembangkan swasta.  

"Besok, saya akan mendampingi Pak Wapres untuk meresmikan proyek MP3EI di Kalimantan Selatan," tuturnya.

Pemerintah, dia menjelaskan, berupaya habis-habisan dalam membangun infrastruktur untuk meningkatkan ekonomi bangsa ini. Sebab, dengan infrastruktur yang maksimal akan mendorong kemajuan ekonomi. (rep05)