Pematang Sikek

Distanak Canangkan Penanaman Serentak

Ilustrasi
BAGANSIAPI-API - Meningkatkan produksi di sektor pertanian tanaman pangan, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Rohil sudah menyiapkan sejumlah agenda. 
 
Salah satu di antaranya yakni mencanangkan kegiatan penanaman serentak khusus tanaman padi yang dipusatkan di Kepenghuluan Pematang Sikek, Kecamatan Rimbamelintang. 
 
‘’Penanaman serentak yang sudah kami canangkan itu direncanakan dilaksanakan Jumat (5/6) mendatang. Penanaman serentak itu direncanakan dilaksanakam di atas lahan seluas 900 hektare,’’ kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Rohil Ir Muslim, Rabu (3/6) di Bagansiapi-api. 
 
Penanaman serentak itu nanti, lanjut Muslim, bakal dihadiri bupati dan wakil serta plt sekda Rohil serta sejumlah unsur lainnya. Termasuk melibatkan unsur masyarakat yang berada di daerah sentra produksi yang terdapat di  Kecamatan Rimbamelintang khususnya di Kepenghuluan Pematang Sikek.     Penanaman serentak ini, tambah Muslim, diharapkan ke depan dapat dijadikan tradisi terutama saat melakukan penanaman padi. 
 
‘’Harus diakui, kegiatan penanaman serentak ini sangat perlu untuk dilaksanakan secara rutin. Karena, kegiatan penanaman serentak ini memiliki banyak manfaat,’’ kata Muslim. 
Manfaat yang dirasakan dari kegiatan penanaman serentak ini, lanjut Muslim, yakni dapat mengurangi atau menekan dampak kerusakan dari serangan hama.  
 
Selain itu, melalui kegiatan penanaman serentak dapat meningkatkan produksi yang gilirannya mampu memengaruhi pendapatan ekonomi masyarakat. 
 
‘’Lantaran memiliki banyak manfaat itulah, kami menghimbau petani yang ingin melakukan penanaman agar dapat dilakukan secara serentak,’’ kata Muslim. 
 
Muslim menjelaskan, permasalahan serius yang sedang dihadapi dari penanaman serentak yakni menyangkut soal pengairan. 
 
‘’Masalah yang bakal dihadapi biasanya menyangkut pengairan. Hanya saja sekarang sedang diguyur hujan. Diharapkan pompanisasi Jumrah dapat maksimal,’’ kata Muslim.(rep04/rp