Sport

Resmi: Xavi Hernandez Hengkang ke Klub Qatar

Barcelona  - Gelandang apik  Xavi Hernandez, secara resmi akan mengakhiri karirnya bersama Barcelona pada musim ini untuk bergabung dengan klub Qatar, Al Saad. Keterangan tersebut disampaikan pemain berusia 35 tahun itu dalam jumpa pers, Kamis, 21 Mei 2015.
 
"Saya ingin sampaikan bahwa saya akan meninggalkan Barcelona setelah musim ini berkahir," ucap pemain internasional Spanyol yang menyumbangkan tropi Piala Dunia dan juara Eropa untuk negaranya. Dia mengatakan, "Keputusan ini sangat sulit untuk diambil."
 
"Saya berada di klub ini selama hampir 25 tahun, namun saat inilah waktu yang tepat untuk meninggalkannya. Saya memiliki proyek mendebarkan di Qatar. Saya bermain untuk klub Al Saad selama dua musim."
 
Pada acara jumpa pers, Xavi menjelaskan bahwa dirinya memiliki proyek besar di Akademi Sepak Bola Asphire di Qatar. Di Akademi ini Xavi ditunjuk sebagai pelatih atau Direktur Akademi Olahraga.
 
Barca telah mengamankan posisinya sebagai juara Liga Spanyol setelah menundukkan perlawanan Atletico Madrid 1-0 pada akhir pekan lalu. Bahkan Barca akan mengunci kemenangan tiga tropi di Copa del Rey melawan Athletic Bilbao pada 30 Mei 2015, dan menjadi juara Piala Champions usai mengalahkan Juventus.
 
"Ini merupakan akhir karir sangat istimewa bersama Barca," ucapnya. "Setelah memenangkan La Liga, ke depan, aku kepingin mengangkat tropi Copa del Rey. Kami memiliki peluang membuat sejarah."
 
Dia menuturkan, saat inilah waktu yang paling tepat untuk pindah, meskipun dia masih memiliki kesempatan untuk memperpanjang kontrak hingga 2018. "Aku rasa proyek di Qatar sangat bagus dan ideal untuk saya. Suatu saat saya pasti kembali ke Barca."
 
Debut pertama Xavi bersama Barcelona padda 1998. Dia sukses menyumbangkan piala liga delapan kali dalam 17 musim di Camp Nou. Selain itu, Xavi juga mempersembahkan 23 tropi untuk klub termasuk tiga kali juara Piala Champions. (rep05)