Sport

Riky/Richi Gagal ke Final, Indonesia Tanpa Gelar

Riky Widianto/Puspita Richi Dili

CHANGZHOU - Pasangan ganda campuran Indonesia, Riky Widianto/Puspita Richi Dili gagal ke babak final China Master Super Series 2013, Sabtu (14/9/2013). Keduanya takluk oleh pasangan Yeon Seong Yoo/Hye Won Eom di babak semifinal dengan skor 21-23, 17-21. Indonesia dipastikan tanpa gelar

Pelatih ganda Indonesia, Nova Widianto, mengaku ganda campuran Riky Widianto/Richi Puspita Dili tidak bermain tenang dalam pertandingan ini.

Padahal, sebelumnya Riky/Richi langsung tertinggal cukup jauh oleh Yeon/Hye di awal set pertama ini dengan 3-8. Akan tetapi ganda campuran yang kini berada di rangking ke-12 ini, berhasil menipiskan kedudukan atas Yeon/Hye dengan skor 10-12.

Hingga akhirnya, Riky/Richi mampu menyamakan kedudukan menjadi12-12. Sejauh ini keduanya masih bermain cukup kompak dalam melawan gempuran pasangan Korea Selatan tersebut.
Pertandingan semakin sengit hingga laga sempat berimbang 20-20. Sayang, Riky/Richi harus menyerah dari perlawanan Yeon/Hye pada set pertama ini dengan skor cukup tipis yaitu, 21-23.

Memasuki set kedua, Yeon/Hye langsung unggul 14-17 dari pasangan Indonesia. Riky/Richi sempat nyaris mendekati lawannya, akan tetapi usaha mereka gagal karena kalah kembali pada set kedua ini dengan skor 17-21.

Kekalahan ini membuat Indonesia pulang tanpa gelar sama sekali pada ajang yang berhadiah sebesar 250 ribu dolar ini. Pasalnya, wakil Indonesia di semifinal habis setelah sebelumnya Markis Kido/Pia Zebadiah takluk oleh pasangan Nan Zhang/Yunlei Zhao lewat skor 16-21 dan 14-21

“Riky/Richi sebetulnya sudah bermain bagus hari ini, tetapi di game pertama mereka kalah tenang. Ada dua bola tanggung yang gagal dikembalikan. Satu out, yang satunya luput dari jangkauan. Tetapi secara keseluruhan sudah bagus,” ujar Nova.
 
“Di game kedua, pasangan kita kurang berani adu permainan depan, makanya Richi banyak tertekan,” tambah pria yang kini bertugas menjadi pelatih itu, seperti dilansir dari situs PBSI, Minggu (15/9/2013).
 
Sebelumnya, pasangan Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadet juga gagal lolos ke final. Ganda kakak-adik ini dikalahkan wakil tuan rumah yang juga unggulan kedua, Zhang Nan/Zhao Yunlei, 16-21 14-21. (rep1)