*Pantau aksi pencurian dan pengrusakan,

DKPP Rohil Pasang CCTV di Taman Kota Bagansiapapi.

Taman Kota Bagansiapiapi

BAGANSIAPIAPI – Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pasar (DKPP) Kabupaten Rokan Hilir (Roihil) melakukan pemasangan alat pemantau Closed Circuit Televesion (CCTV) di Taman Kota Bagansiapiapi, hal ini di lakukan untuk memantau Taman tersebut dari aksi pencurian dan pengrusakan oleh orang yang tidak bertangungjawab.

Demikian dijelaskan Kadis DKPP Rohil, Ibus Kasri, ST melalui Kabid Pertamanan, Budi Fitriadi kepada Radar Riau, Selasa (20/1) di Bagansiapiapi. Menurutnya, DKPP Rohil akan memasang delapan Unit Closed Circuit Televesion (CCTV) diseputar Taman Kota. Karna selama ini tanaman maupun kelengkapan taman sering terjadi kehilangan, bahkan Tanaman yang ada ditaman itu sering terjadi kerusakan oleh tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.
 
“Kita telah pasang delapan Titik CCTV diseputaran taman Bagansiapiapi yang terletak di tengah Kota tersebut, hal ini dilakukan dalam upaya pemantauan dari aksi Pencuruian dan pengrusakan. selain itu kita juga memantau kegiatan pengunjung ditaman Kota,”beber Budi.

Dikatakan Budi, Selama ini Alat kelengkapan Taman seperti Bunga maupun lampu sering di curi, bunga yang hilang itu ada harganya mencapai Rp.10 Juta."Memang kita mempunyai Petugas untuk menjaga Taman sebanyak 2 orang setiap malam nya. namun, Kelengkapan taman itu sering hilang disaat Listrik mati. tentunya petugas  kita kewalahan disaat listrik mati, sementara Taman kota itu kan cukup Luas."ungkapnya.

Lebih jauh di katakanya, CCTV juga berfungsi untuk melihat pengunjung taman, karena ada tempat mainan anak-anak seperti Luncuran yang terbuat dari patung berbentuk buah manggis mengundang bau yang tidak sedap.diduga Patung itu dijadikan tempat Buang Air kecil oleh oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut.

"Mudah-mudahan dengan dipasang nya CCTV ini,  kedepan nya taman yang mengelilingi jalan Sumatra Laut, jalan sentosa, jalan Kelenteng dan jalan Aman itu bisa terawat dengan baik. sehingga para pengunjung akan selalu betah dan nyaman saat melakukan Rekreasi bersama Keluarganya,”tutur Budi.

Dilanjutkan Budi, Selain ditaman Kota yang dipasang CCTV, DKPP juga telah mengusulkan ke Pemkab Rohil untuk melakukan pemasangan CCTV di Taman Budaya dan Taman diseputaran Sungai Pabrik. karena kedua Taman itu dianggap masih sangat Rawan dan minim lampu penerangan jalan.

"Kita telah usulkan pemasangan CCTV di sejumlah titik rawan kepemkab Rohil, kalau itu nantinya disetujui, maka Taman yang ada di Bagansiapiapi akan terpantau dari aksi pencurian dan pengrusakan tangan Jahil serta taman akan terawat dengan baik."pungkasnya.(ar)