Lantik Pengurus Pramuka

Bupati Rohil Minta Ada Pos Anggaran di Tiap Kecamatan

BAGANSIAPIAPI - Untuk mempertebal semangat para pramuka dalam melatih dirinya untuk mempersiapkan diri dan ikut serta dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia, Bupati Rokan Hilir secara resmi melantik Ketua Kwarcab 0410 Gerakan Pramuka Kabupaten Rokan Hilir 2013 - 2018 yang diketuai oleh Drs Surya Arpan.
 
 
Acara pelantikan yang dilaksanakan di gedung serbaguna Bagansiapiapi pada hari Rabu (8/4/2015), dihadiri oleh Wakil Bupati Rokan Hilir, Herianda, Ketua DPRD Rohil, Kwatir Cabang Riau Azali Johan.
 
 
Pelantikan pengurus Kwarcab 0410 Gerakan Pramuka itu juga sekaligus diikuti dengan pelantikan pengurus lembaga pemeriksa keuangan pramuka yang diketuai oleh Ilyas.
 
 
Ketua Kwarcab 0410, Drs Surya Arpan yang juga menjabat Plt Setda Rohil menyampaikan, dirinya terpilih secara aklamasi melalui seluruh ranting pramuka. Oleh karena itu, sesuai ikrar yang sudah diucapkan, dirinya akan mengemban amanah sebagai ketua namun sebelumnya, dia membutuhkan dukungan dari seluruh kakak, pembimbing kecamatan, kwartir ranting dan gugus depan, serta seluruh unsur muspida.
 
 
''Jika ada tugas yang bertentangan dengan AD ART, saya minta ditegur. Mohon dukungan agar Pramuka semakin baik,'' kata Surya.
 
 
Sementara itu Kwartir Cabang Riau Azali Johan mengatakan, bahwa unsur kesatuan bangsa Indonesia berdasarkan sumpah pemuda. ''Saya ingatkan bahwa pramuka bukan hanya tempat bermain dan berkemah. Saya sudah kepala 7 dan sejak menjadi pengurus pramuka, tujuan kita adalah menginginkan kemerdekaan dan maju dengan mengedepankan budaya melayu. Perkembangan tekhnologi saat ini juga sangat luar biasa, terutama dibidang komunikasi,'' ujarnya.
 
 
Kita masih ingat, kata Azali, ketika Presiden Sukarno melantik pengurus Pramuka yang pertama kali pada tanggal 14 Agustus 1961 yang diketuai oleh Sri Sultan Hamengkubowono di alun-alun, Jakarta. Kini, ancaman pemuda cukup besar terutama masalah narkoba. Apalagi daerah kita berada didaerah pesisir. Dengan prmuka kita harus bisa mengembangkan dan menangkal segala pengaruh yang akan menghambat perkembangan pemuda.
 
 
''Kita jangan bertindak semena-mena. Karena pramuka dalam bertindak sesuai dengan aturan tidak seperti dengan oknum yang mengutip pungli yang pernah saya alami ditengah jalan,'' kata Azali.
 
 
Sementara itu, Bupati Rohil Suyatno mengatakan, setiap kecamatan harus bisa menggerakkan Pramuka dan berupaya agar ada pos anggaran untuk pramuka di tiap kecamatan ada. Usulan itu perlu mengingat jika tanpa anggaran, gerakan pramuka sulit untuk dikembangkan apalagi pramuka sering melakukan kegiatan diluar daerah.
 
 
''Saya meminta camat untuk menggerakkan pramuka. Dan harus ada anggaran pramuka di kecamatan,'' ujar Bupati.
 
 
Suyatno menerangkan, lokasi bumi perkemahan juga harus mendapat perhatian khusus. Dia meminta ketua terpilih harus bisa memodifikasi sesuai dengan program-program yang ada di Pemerintah Rokan Hilir. Untuk itu, dia meminta pramuka supaya tampil dalam kegiatan-kegiatan apapun untuk mendukung kesuksesan program-program yang ada. (rep05/grc)