Nasional

Ahok: Tiap 3 Bulan akan Ada Pelantikan Pejabat Eselon

Jakarta - Sekitar 4.676 pegawai negeri sipil dilingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendapatkan posisi baru sebagai pejabat eselon II, III dan IV. Pelantikan ribuan PNS itu dilakukan di lapangan Monumen Nasional, Jumat (2/1).
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, pelantikan kenaikan pangkat dari staf ke eselon ini bukan yang terakhir. Namun pelantikan ini akan dilakukan secara berkala terhadap pejabat yang tidak bisa kerja.
 
"Mungkin setiap tiga bulan akan ada pelantikan-pelantikan seperti ini," katanya.
 
Ahok juga mengatakan untuk pejabat eselon yang dilantik hari ini, jangan langsung senang dulu. Sebab menurutnya posisi mereka tetap tidak aman, karena jika selama tiga bulan ternyata kinerjanya buruk, maka pejabat tersebut akan langsung diturunkan menjadi staf biasa.
 
Ia menjelaskan saat ini masih ada sekitar 1.835 jabatan dari total 6.5511 yang belum terisi. Jabatan yang belum terisi itu akan diberikan kepada staf yang bisa bekerja.‎
Dalam pidatonya, Ahok mengatakan, selain melakukan evaluasi, Pemprov DKI juga melakukan pemangkasan terhadap jabatan wakil lurah dan kepala seksi yang dinilai tidak perlu.‎ 
 
"Kita gak mau terlalu banyak jabatan struktural, orang Jakarta yang penting pelayanannya itu," katanya.
 
Mantan Bupati Belitung Timur itu mengatakan pihaknya sudah melakukan pemangkasan dari 8.000 menjadi 6.500. Jadi saat ini ada 1.500 jabatan struktural yang dikosongkan.
"Karena intinya bukan jabatan struktural tapi yang penting fungsinya untuk melayani masyarakat," katanya. (rep01/rol)