Sport

Hancurkan Cagliari, Juventus Pelihara Capolista

CAGLIARI – Juventus berhasil mengemas poin sempurna setelah mengandaskan perlawanan Cagliari dengan skor akhir 3-1 di giornata ke-16 Serie A, Jumat (19/12/2014) dini hari WIB. Dengan hasil ini, I Bianconeri semakin memantapkan posisi di puncak klasemen dengan raihan 39 poin, berselisih 4 poin dari AS Roma.

Bermain sebagai tim tamu, Juve mampu mendominasi sejak awal laga. Alhasil, babak pertama Juve berhasil unggul dua gol berkat sontekan Carlos Tevez dan Arturo Vidal. Paruh kedua pun tak banyak perubahan, justru si Nyonya Tua dapat memperlebar jarak keunggulan melalui kaki Fernando Llorente. Meski pada akhirnya, Luca Rossettini sanggup memperkecil kedudukan.

Jalannya pertandingan

Babak pertama

Kick off! Berlaga sebagai tim tamu, Juventus justru mengistirahatkan Paul Pogba pada pertandingan kali ini. Namun motor serangan masih tetap berbahaya, pasalnya masih ada nama Andrea Pirlo dan Arturo Vidal yang siap menyuplai bola ke depan.

Benar saja, laga baru berusia tiga menit Juve sudah mampu memimpin atas Cagliari. Berawal dari crossing Vidal yang mengakibatkan kemelut di dalam kotak penalti, Carlos Tevez berdiri di posisi yang tepat berhasil menyeploskan bola ke gawang tim tamu. 0-1 Juve unggul.

Terkejut dengan gol yang dilesakkan Tevez, Cagliari terus memburu gol penyeimbang. Klub berjuluk Rossoblu itu beberapa kali mencoba memanfaatkan umpan-umpan silang untuk menggoyahkan pertahanan Juve.

Salah satu yang mengancam yakni peluang Albin Ekdal di menit ke-13. Bermula dari crossing Victor Ibarbo yang langsung diteruskan melalui tandukan keras dari tengah kotak penalti. Sayang sundulan Ekdal masih dapat ditepis Gianluigi Buffon, padahal itu merupakan peluang terbaik tuan rumah sejauh ini.

Sial bagi Cagliari! Akibat terlalu fokus mengejar ketertinggalan, gawang mereka pun kembali dapat dijebol di menit 15. Adalah Vidal yang sukses menggandakan keunggulan Juve berkat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti. 0-2 si Nyonya Tua memimpin.

Unggul dua gol, skuad besutan Massimiliano Allegri tampak semakin nyaman memainkan bola dari kaki ke kaki. Terlihat kombinasi passing satu-dua sentuhan kerap ditunjukkan Pirlo, Tevez dan Fernando Llorente.

Namun demikian, sang allenatore dari pinggir lapangan terus berteriak dan ingin anak-anak asuhannya tetap fokus dalam menahan serangan yang dilancarkan tuan rumah. Sementara di sisi lain pelatih Cagliari, Zdenek Zeman, hanya bisa diam seribu bahasa.

Memasuki setengah jam pertandingan bergulir, I Bianconeri masih mendominasi penguasaan bola dan sesekali membangun serangan dengan rapih. Sedangkan Cagliari, terus menemui kesulitan membongkar pertahanan Juve.

Hingga peluit panjang tanda waktu turun minum dibunyikan sang wasit, skor tetap tak berubah keunggulan 2-0 Juventus atas Cagliari, meskipun terjadi beberapa peluang berbahaya.

Babak kedua

Paruh kedua bergulir, Cagliari langsung berusaha mengambil alih irama permainan dan inisiatif serangan. Ekdal yang masih menjadi tumpuan, selalu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun usaha tersebut tak mengancam sama sekali, lantaran bola kerap melambung dan melenceng.

Gol! Lagi-lagi I Bianconeri yang kembali mampu mencatatkan angka melalui serangan yang dibangun. Adalah Llorente yang memperlebar jarak keunggulan di lima menit babak kedua berjalan, berkat tendangannya di area dalam kotak penalti hasil umpan brilian Pirlo.

Cagliari akhirnya mampu memperkecil ketertinggalan, lima menit setelah gol Llorente. Berawal dari eksekusi tendangan bebas Andrea Cossu, berhasil diteruskan dengan sempurna oleh Luca Rossettini. Bola tandukan tersebut tepat bersarang di sisi kiri gawang Buffon. 1-3 tuan rumah mengejar ketertinggalan.

Allegri berusaha menyegarkan kondisi lini depan, dengan menarik Llorente dan memasukan Alvaro Morata. Dengan harapan masuknya bomber belia asal Spanyol itu, dapat menambah pundi-pundi gol bagi Juve.

Memasuki 10 menit waktu normal berakhir, Allegeri terus memompa skuadnya dari tepi lapangan. Meski unggul defisit dua gol, mantan pelatih AC Milan itu berharap timnya dapat menjaga konsentrasi.

Tambahan waktu dua menit diberikan wasit di penghujung laga, di mana Cagliari belum kehabisan semangat untuk mengejar ketertinggalan. Namun demikian hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tuan rumah tak mampu berkata-apa. Kemenangan 3-1 untuk Juventus.

Susunan Pemain:

Cagliari: Cragno; Rossettini, Ceppitelli, Beneddetti, Avelar, Balzano, Capuano, Conti, Ekdal, Cossu, Ibarbo

Juventus: Gianluigi Buffon, Lichtsteiner, Ogbonna, Giorgio Chiellini, Patrice Evra, Marchisio, Andrea Pirlo, Arturo Vidal, Pereyra, Carlos Tevez, Fernando Llorente (Alvaro Morata 73’). (rep05)