Hukum

Wow, Ketua KPK Sebut Ada Bupati di Kalimantan Punya Pesawat Sendiri

Jakarta-Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad mengaku sedih melihat rakyat Pulau Kalimantan. Menurut Samad, ketamakan pemimpin daerah di sana telah menyebabkan mayoritas rakyat di pulau yang kaya itu hidup dalam derita kemiskinan.
 
“Kalimantan itu pulau yang kaya, penghasil batubara terbesar. Tapi, saya survey ke Kalimantan, saya masuk ke pedalaman, ternyata SD, puskesmasnya hancur lebur berantakan. Yang kaya itu para pejabatnya, pejabat tamak yang hanya memikirkan dirinya sendiri,” kata Samad, Senin (10/11).
 
Menurut Samad, perilaku serakah pejabat di Kalimantan mudah diketahui dari gaya hidup mereka. “Jangan heran kalau ada bupati di Kalimantan punya pesawat sendiri. Berapa, sih gaji bupati sampai punya pesawat?” ujarnya. 
 
Menurut Samad, berita tentang kesejahteraan masyarakat Kalimantan yang sering diiklankan di televisi hanya isapan jempol semata. Dia menegaskan, sudah saatnya kini kekayaan sumberdaya alam Kalimantan dikembalikan untuk kesejahteraan rakyat.    
 
Kepada para siswa, Samad mengimbau agar jika kelak menjadi pemimpin harus berperilaku sederhana. Dia mencontohkan, figur Presiden Joko Widodo dan Wali Kota Tri Rismaharini sebagai dua sosok pemimpin sederhana yang layak ditaladani. 
 
“Seorang pemimpin, haram hukumnya hidup bermewah-mewahan jika masih ada rakyatnya yang sengsara,” kata Samad. (rep05)