Sport

Hebat, Tontowi/Liliyana Melaju ke Final Denmark Open

ODENSE – Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir merebut tiket final Denmark Open 2014 usai mengalahkan pasangan Indonesia lainnya, Riky Widianto/Puspita Richi Dili dengan dua game langsung, 21-10 dan 21-15, Sabtu (18/10/2014). Dalam pertandingan yang berjalan cepat itu, Riky/Richi terlihat masih terlalu sering melakukan unforced error, sehingga membuat perolehan angka mereka beberapa kali tertinggal jauh. 
 
Jalannya pertandingan
Pertandingan berjalan dengan tempo cepat di awal laga, akan tetapi pasangan juara All England 2014 itu dengan seketika mengungguli juniornya hingga 9-5. Selanjutnya tak membutuhkan waktu lama Owi/Butet menyelesaikan paruh pertama di game pembuka dengan 11-7.
 
Kesalahan demi kesalahan semakin sering dilakukan oleh Riky/Richi, otomatis membuat perolehan angka kian menjauh. Tontowi/Liliyana bahkan unggul hingga sembilan poin atas pasangan non-unggulan Indonesia itu.
 
Game point pertama di laga ini  didapat pasangan unggulan keempat itu pada kedudukan 20-9. Liliyana menyudahi game pertama dengan sebuah penempatan pukulan di depan net, Riky coba mengejar namun tidak dapat meraihnya. Game pertama menjadi milik pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dengan 21-10.
 
Pada game kedua, situasinya tak jauh berbeda seperti set pertama, Owi/Butet memimpin 6-3. Riky/Richi sempat mengancam dengan memangkas selisih poin menjadi satu angka dalam kedudukan 8-7, begitu juga dikedudukan 12-11 usai sambaran Tontowi melebar.
 
Dua jumping smash beruntun Riky membuat Liliyana tertunduk menghindari datangnya arah bola 17-14 pasangan junior kembali mendekat. Permainan menawan kembali ditunjukkan Riky saat meladeni bola-bola sulit Owi/Butet dan menyelesaikannya dengan tambahan poin 17-14.
 
Akan tetapi matchpoint di dapat Tontowi/Liliyana di kedudukan 20-15. Butet kembali menujukkan perannya sebagai penyelesai pertandingan, setelah penempatan pukulan yang cermat di area depan Riky/Richi tidak dapat dijangkau oleh keduanya, skor 21-15 mengakhiri pertandingan dalam waktu 31 menit.
 
Dengan demikian Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir memastikan diri berlaga di partai puncak Denmark Open 2014. Pasangan peraih medali perak Asian Games 2014 itu akan bertemu dengan salah satu dari pasangan ganda campuran China, Jin Ma/Yuanting Tang atau Xiaoli Wang/Yang (F) Yu yang hingga berita ini diturunkan masih bermain. (rep05)