Nasional

Hore, Pusat Bersedia Bantu Petani Riau

PEKANBARU - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian RI memastikan bersedia membantu petani-petani Riau. Ini disampaikan karena alokasi dana untuk daerah dapat dialokasikan sesuai porsinya.
 
Informasi itu disampaikan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau Drs Zulher MS, Jumat (16/5/2014) di Pekanbaru. Menurutnya, sinyal positif itu disampaikan saat melakukan rapat koordinasi di Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian beberapa waktu lalu.
 
‘’Kita sudah sampaikan keluhan daerah dan kendala yang dialami dalam meningkatkan produktivitas pertanian. Hasilnya, mereka siap membantu petani-petani kita,’’ tuturnya.
 
Hanya saja, dia menilai tawaran positif tersebut belum dapat direspon dan ditindaklanjuti secara menyeluruh. Karena masih banyak daerah yang belum siap dengan dukungan yang diberikan pemerintah pusat.
 
‘’Misalnya yang dibantu itu bibit dan pupuk kelapa sawit atau karet. Sementara, daerah belum siap melakukan peremajaan. Sehingga, kalau dipaksakan bisa menjadi permasalahan di kemudian hari,’’ imbuh mantan Sekda Kabupaten Kampar itu.
 
Dia menilai, peluang tersebut idealnya dapat direspon dan ditanggapi secara bijak. Pasalnya, masih banyak petani-petani swadaya yang memerlukan bantuan guna menunjang peningkatan produktivitas perkebunan.
 
Saat ditanyakan mengenai langkah yang dilakukan dalam menjawab permasalahan tersebut, dia mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota. Nantinya, dicarikan solusi terbaik untuk memaksimalkan peluang yang diberikan.
 
‘’Makanya kita dari provinsi bersama kabupaten/kota mempersiapkan konsep yang matang. Jadi kalau memang diperlukan kepastian untuk peremajaan dan pendisttribusian bantuan itu juga disiapkan. Jadi benar-benar dapat menyentuh petani yang memerlukan. Karena sasaran akhir kita adalah mensejahterakan petani dari sektor perkebunan,’’ imbuh Zulher.(rep05/rpc)