Nasional

Kopilot Malaysia Airlines Masukkan Dua Wanita ke Kopkit

KUALA LUMPUR-Malaysia Airlines dikejutkan dengan adanya tayangan televisi di Australia tentang kelakuan dari seorang kopilot yang mengundang dua perempuan masuk ke dalam kokpit pada 2011 lalu. Kopilot tersebut diketahui merupakan orang yang sama dengan kopilot pesawat MH370 yang hingga saat ini masih menghilang. 
 
The Star mengutip sebuah program 'A Current Affair' yang ditayangkan jaringan televisi Nine Network. Tayangan tersebut memperlihatkan sebuah foto perempuan bernama Jonti Roos dan Jaan Maree berada di dalam kokpit dalam penerbangan Kuala Lumpur-Puket pada 2011 lalu.
 
Straitstimes menulis, kopilot tersebut adalah Fariq Abdul Hamid (27 tahun). Sedangkan, dua perempuan yang berada di dalam kokpit selama penerbangan diduga berkewarganegaraan Afrika Selatan.
 
Padahal, penumpang telah dilarang untuk masuk ke dalam kokpit sejak peristiwa 9/11 dimana ketika itu penumpang dapat membajak pesawat dan menabrakannya ke World Trade Center.
 
Otoritas Malaysia Airlines enggan menanggapi tayangan tersebut sebelum proses investigasi selesai. Pesawat MAS MH 370 belum juga ditemukan hingga Rabu (12/3) dini hari. Pada Selasa, pencarian sudah diperluas hingga ke Selat Malaka. (rep05)