Fokus Rohil

Legislator Rohil Usul Anggaran Bangun Sarana Air Bersih

Roka Hilir - Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, diminta mengalokasikan anggaran pembangunan sarana air bersih untuk kebutuhan masyarakat setempat.
 
Demikian diungkapkan Ketua Fraksi PBK DPRD Rohil, H Bachid Madjid, ketika dikonfirmasi usai sidang pandangan fraksi, Kamis (11/9). Menurutnya, kebutuhan air bersih bagi masyarakat sudah sangat mendesak terutama dibeberapa daerah yang sulit mendapatkan sumber air tersebut.
 
"Kami sudah sampaikan dalam pandangan fraksi agar segera dialokasikan anggaran pembangunan pengolahan air bersih. Jadi, air bersih dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat ketika musim kemarau,"ungkapnya.
 
Seperti diketahui, sebut Bachid Madjid, ada beberapa daerah di Kabupaten Rohil yang sulit mendapatkan air bersih seperti, di Kecamatan Sinaboi, Batu Hampar dan Bangko. Selama ini, masyarakat hanya memanfaatkan air hujan untuk air bersih karena tidak mendapatkan sumber air bersih.
 
"Kalau hanya program bantuan sumur bor tidak akan bertahan lama mengingat saluran air sering tersumbat jika kurang perawatan. Akibatnya, bantuan sumur bor terkesan sia-sia," jelasnya.
 
Oleh karena itu, pemerintah daerah diminta sudah dapat membuat Detail Enginering Desing (DED), sehingga tahun 2015 sudah dapat dianggarakan dan dibangun,"Dumai bisa kenapa Rohil tidak, dan itu yang harusnya menjadi pertanyaan Kita," ujarnya. (rep01/MCRiau)