Parlemen

Pemkab Diminta Segera Benahi Robohnya Jalan Kuning Jalil

BAGANSIAPIAPI – Robohnya jalan Kuning Jalil sepanjang 70 meter di Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) mendapat sorotan serius DPRD Rokan Hilir. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) diminta segera membenahi ruas jalan yang terbuat dari kayu itu dengan beton demi keselamatan warga.

Hal ini ditegaskan Sekretaris Komisi III DPRD Rohil, Abu Khoiri, Kamis (9/5).“Sebelum jatuh korban, ini harus ditangani dengan serius. Pemkab harus menurunkan tim untuk membenahi ruas jalan itu. Apalagi ruas jalan itu hanya terbuat dari kayu, ini bisa memngancam keselamatan warga," tegasnya.
 
Menurutnya, keseriusan Pemkab Rohil dalam memajukan pembangunan daerah harus ditunjukan saat ini. "Apalagi jalan itu dibangun secara swadaya oleh masyarakat. Ini harus segera dibeton," timpalnya.
 
Belakangan, jika masyarakat tidak berhati-hati saat melintasi jalan dipastikan mengancam keselamatan. "Jalan itu kan sebagai urat nadi perekonomian warga, mau tak mau mereka harus melintasinya. Bahkan, terpaksa warga yang melintas harus bergantian supaya aman, itupun harus ekstra hati-hati," sambungnya.
 
Memang, robohnya jalan Kuning Jalil akibat abrasi. Tidak hanya kondisi jalan saja yang menjadi perhatian, akan tetapi abrasi yang terjadi mengancam kantor Kepenghuluan Paniphan Laut dan sekolah. "Setidak-tidaknya pihak terkait dapat membuat tanggul sehingga abrasi tak terjadi lagi. Yang jelas, kita minta Pemkab melakukan perbaikan secepatnya. Semua ini dilakukan demi kepentingan masyarakat," saranya. (rep-01)