Politik

Ical Capres Terkaya di Pemilu 2014


Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) melakukan analisis terkait siapa calon presiden (Capres) yang ideal untuk memimpin Indonesia di pemilu 2014. Di antara analisis yang dilakukan LPI termasuk tentang siapa capres dengan modal paling kuat.

Direktur LPI Boni Hargens mengatakan, penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dengan kriteria pemimpin berdasarkan 4 kategori. Yakni, ideologi, rekam jejak, latar belakang dan kepribadian. "Pemimpin harus menganut ideologi nasionalisme yang bersumber pada Pancasila, pemimpin juga harus berprestasi, bersih dari korupsi dan tindak pidana lainnya," jelas Boni saat memaparkan hasil temuan LPI di Galeri Cafe Cikini, Jakarta, Kamis (9/5).

Pada poin kekuatan modal, LPI menemukan bahwa Aburizal Bakrie sebagai calon paling kaya dengan harta pada 2012 ditaksir mencapai USD 890 juta atau sekitar Rp 8,1 triliun.

Berikutnya di peringkat kedua adalah Prabowo Subianto dengan harta sekitar Rp 1,5 triliun dan USD 7 juta. Disusul Megawati Soekarnoputri dengan harta sekitar Rp 256,4 miliar pada 2009. Berikutnya Wiranto dengan harta Rp 81,7 miliar dan USD 378 ribu. Di bawah Wiranto adalah Sutiyoso dengan harta sekitar Rp 11,9 miliar dari data 2001.

Sementara itu, berdasarkan kriteria hitam putih capres 2014, lanjut dia, tiga tokoh yang dinilai sebagai capres mendekati ideal. Yakni, Sutiyoso, Rizal Ramli dan Mahfud MD. Aburizal dan Sri Mulyani menjadi yang terburuk karena tersangkut masalah lumpur lapindo dan skandal Bank Century. (rep02)