Nasional

Besok, Gerhana Matahari Cincin

JAKARTA-Bila Jumat (10/5) besok langit cerah, sebagian wilayah Indonesia dapat menyaksikan gerhana Matahari. Astronom ITB, Moedji Raharto mengatakan, gerrhana Matahari tersebut merupakan gerhana Matahari Cincin. Namun, kata dia, masyarakat Indonesia hanya dapat menyaksikan gerhana Matahari Sebagian.

"Karena jalur gerhana Matahari cincin tidak melewati wilayah Indonesia. Jalur gerhana Matahari Cincin tersebut melewati Australia dan sebagian besar berada di samudera Pasifik," ungkap Moedji kepada ROL.

Selama gerhana Matahari berlangsung, kata dia, diameter sudut Matahari lebih besar dari diameter sudut Bulan.

Di sebagian kota dalam wilayah Indonesia, tutur dia, hanya menyaksikan momen gerhana Matahari Sebagian (GMS) dengan selang waktu yang berbeda dari satu kota ke kota lainnya.

"Di Yogya misalnya pada waktu Matahari terbit dalam keadaan gerhana dan pada akhir gerhana Matahari pada jam 06:27 wib, tinggi Matahari hanya 11 derajat," papar dia.

Di Bandung pada waktu Matahari terbit dalam keadaan gerhana dan pada akhir gerhana Matahari Sebagian pada jam 06:27 wib kedudukannya lebih rendah hanya 8 derajat, di Ternate GMS dimulai jam 04:50 wib, tinggi Matahari sekitar 6 derajat dan ketika GMS berakhir pada jam 06:45wib tinggi Matahari mencapai +33 derajat. (rep02)