Nasional

Ditinggal Atut, Pendopo Gubernur Banten Terbakar

Jakarta - Lama ditinggal penghuninya, pendopo Gubernur Banten di Jalan Brigjen KH Syam'un Nomor 5 Kota Serang, nyaris terbakar, Selasa malam sekitar pukul 22.00 WIB. Diduga, api berasal dari instalasi listrik yang menghubungkan antara pendopo gubernur dengan rumah dinas gubernur.
 
Tim Pemadam Kebakaran Kota Serang yang mendapatkan informasi langsung mendatangi lokasi kejadian dan memadamkan api. "Kami tidak tahu secara pasti, tiba-tiba api membesar dengan cepat membakar pohon beringin yang berada tepat dibelakang gedung pendopo," kata salah seorang petugas jaga kantor gubernur.
 
Tiga unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api si jago merah yang sudah tinggal beberapa meter dari rumah dinas gubernur. "Saya belum dapat informasi, malam ini saya baru mau kesana untuk melihat kondisinya," kata Kepala Biro Umum Provinsi Banten Ade Syarief kepada Tempo Selasa, 6 Mei 2014 malam.
 
Pantauan Tempo, sejak tidak lagi ditempati Ratu Atut Chosiah, kondisi Pendopo Gubernur Banten itu sudah tak lagi terawat. Sejumlah fasilitas seperti toilet, taman dan halaman pendopo terlihat kotor dan terbengkalai. Bahkan, beberapa waktu lalu, atap gedung cagar budaya ini juga sempat ambruk.
 
Atut kini mendekam di penjara Pondok Bambu, Jakarta. Dia menjadi terdakwa dalam kasus suap Akil Mochtar. Selain kasus ini, penyidik komisi anti rasuah juga menyangka Atut terlibat dua tindak pidana lainnya, yakni korupsi pengadaan sarana dan prasarana alat kesehatan Provinsi Banten 2011-2013 dan penerima gratifikasi atau pemerasan dalam kasus korupsi alat kesehatan. (rep01/tpc)