Sport

Barca akan Tebus Oezil dari Arsenal Rp586 Miliar

London-Barcelona boleh aktif dalam bursa transfer musim panas ini, setelah FIFA menangguhkan hukuman pelarangan (aktif di bursa transfer) pada Rabu (23/4/2014). Tak lama berselang, langsung muncul kabar yang mengejutkan bahwa mereka mengincar gelandang Arsenal yang merupakan mantan bintang Real Madrid, Mesut Oezil.
 
Menjelang penutupan bursa transfer musim panas lalu, Madrid mengambil langkah yang membuat publik terenyak karena mereka menjual Oezil ke Arsenal. Ternyata, pemain yang memecahkan rekor transfer termahal The Gunners itu kesulitan beradaptasi, meskipun di beberapa laga awal sangat menjanjikan.
 
Situasi itu coba dimanfaatkan Barca untuk merayu playmaker tim nasional Jerman tersebut agar mau kembali ke Spanyol. Menurut laporan Barcelona TV, seperti dikutip dari talkSPORT, Kamis (24/4/2014), El Barca menyiapkan dana 30 juta poundsterling (sekitar Rp 586,940 miliar).
 
Meskipun demikian, belum diketahui apakah Arsenal mau menerima nilai tawaran terhadap pemain berusia 25 tahun tersebut, yang jauh lebih rendah dari harga pembelian. Pasalnya, The Gunners telah menggelontorkan uang 42,5 juta poundsterling (sekitar Rp 829,440 miliar) untuk membeli Oezil dari Madrid.
 
"Ada sejumlah laporan dari Spanyol bahwa Barcelona akan mengajukan penawaran membeli pemain Arsenal Mesut Oezil," demikian pernyataan pakar sepak bola Spanyol talkSPORT, Paul Breen-Turner dalam acara Alan Brazil Sports Breakfast.
 
"Dia hampir bergabung dengan mereka pada tahun 2011. Oezil merupakan target yang sangat serius bagi Barcelona dan mereka akan berusaha mewujudkannya. Ada pembicaraan bahwa nilai tawarannya 30 juta poundsterling, meskipun saya tidak merasa yakin Arsenal akan menerimanya."
 
Jika Barca serius membeli Oezil, maka mereka kemungkinan akan menjual Cesc Fabregas, yang menjadi target Manchester United. (rep05)