Fokus Rohil

Kesehatan Pilar Pendidikan

Bupati Rohil, H Suyatno

Kualitas pendidikan dan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan bagian penting dari pilar kesehatan. Selain kualitas SDM yang ditentukan mutu pendidikan, maka aspek utama yang harus dimiliki dalam peranan strategis adalah kualitas kesehatan masyarakat itu sendiri. Hal ini bermakna bahwa peningkatan SDM bisa tercapai apabila sebandingnya dengan meningkatnya kualitas kesehatan.

Maka sebagai kabupaten yang sedang berkembang, Pemerinyah Rokan Hilir menerapkan peningkatan dan pengembangan kesehatan dan pendidikan, sehingga kedua aspek penting ini dipandang tidak hanya dapat menambah pengetahuan dan kesehatan, tetapi bagaimana meningkatkan produktifitas, kreativitas dan kemandirian masyarakat menyangkut kesehatan itu sendiri.

Di masa depan, dari berbagai analisis telah membuktikan bahwa kesehatan mampu memerankan dirinya sebagai bagian dari sektor pariwisata, sekaligus sarana untuk promosi daerah. Oleh karena itu, upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan adalah langkah terpenting untuk meningkatkan daya saing usaha di sektor kesehatan.

Memang, diakui Wabup, kondisi ini tidaklah ringan, karena peningkatan mutu kesehatan bukan hanya untuk rumah sakit saja, tetapi berlaku untuk semua tingkatan pelayanan kesehatan mulai dari Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Puskesmas, hingga Puskesmas Rawat Inap baik menyangkut fasilitas pemerintah maupun swasta. Dengan begitu, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan adalah salah satu isu yang sangat krusial dalam manajemen, baik dalam sektor pemerintah maupun sektor swasta.

Ini dilakukan untuk menyeimbangkan antara besarnya tuntutan masyarakat terhadap perbaikan kualitas pelayanan kesehatan dan lainnya. Sehingga, Pemkab Rohil terus berupaya meningkatkan praktik perbaikan penyelenggaraan pelayanan Kesehatan. Berangkat dari berbagai analisis dan potensi yang dimiliki oleh Pemkab Rokan Hilir, diiringi pula dengan komitmen yang tinggi dari Pemerintah Daerah, maka kabupaten ini memiliki kekuatan yang luar biasa untuk dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Dalam upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas kesehatan, Pemkab Rohil sekaligus meningkatkan sadar sehat bagi masyarakat. Karena, komitmen besar itu dalam upaya mengedepankan pentingnya peningkatan kualitas kesehatan itu sendiri. Sebab, Pemkab Rokan Hilir menyadari sepenuhnya indikator terdepan dalam mengayomi dan melindungi kesehatan masyarakat, adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan prima dalam aspek yang sangat luas. (rep1)