Nasional

Maestro Dalang Wafat, Si Cepot Akan Ganti

Jakarta-Setelah meninggalnya maestro wayang golek Asep Sunandar Sunarya, atau lebih populer dengan nama Asep Sunarya, kini jejaknya akan diteruskan sang anak, Dadan Sunandar Sunarya.
 
“Saya akan meneruskan perjalanan Abah dalam meningkatkan seni dan budaya khususnya wayang golek. Tongkat estafet kesenian wayang golek akan diteruskan sampai akhir hayat, seperti yang dilakukan oleh Abah,” ucapnya.
 
Asep Sunandar Sunarya karena serangan jantung di RS AL-Ikhsan Baleendah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (31/3) pukul 14.20 WIB. Jenazah almarhum akan dikebumikan di pemakaman keluarga dekat rumahnya di Jalan Giriharja RT 01 RW 01, Kampung Jelekong, Kelurahan Jelokong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.
 
Dari pantauan Bandung Ekspres (JPNN Group), ribuan pelayat dari berbagai daerah khususnya di wilayah Bandung raya dan sekitarnya terus memadati kediaman dan Padepokan seni dan Budaya Giri harja yang terletak di Jalan Raya Laswi, tepatnya di Kampung Jelekong Kelurahan Jelekong Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung.
 
Selain di Padepokan, pelayat juga memenuhi kediaman maestro dalang wayang golek, Asep Sunandar Sunarya (59) di kampung Giriharja RT 01/RW 01 Kelurahan Jelekong Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung.
 
Asep Sunandar adalah maestro wayang golek di Indonesia. Almarhum konsisten pada bidang garapannya. Asep Sunandar  begitu menyatu dengan dunia wayang golek yang digelutinya. Beliau pun mendapat penghargaan, baik dari tingkat lokal, provinsi, nasional, bahkan manca negara. (rep05/rmn)