Fokus Rohil

Lahan Tanaman Pangan Rohil Bebas Karhutla

Kadistnak Rohil, Ir Muslim

BAGANSIAPIAPI - Dinas Pertanian dan Perternakan (Distanak) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menyatakan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tak merambah lahan pertanian tanaman pangan. Upaya yang dilakukan petani agar lahannya bebas dari jilatan api yang mejalar di perkebunan warga diatasi dengan mengintensifkan penjagaan.   

"Lahan pertanian tanaman pangan tahun ini bebas dari jilatan Karhutla. Ini berkat upaya petani menjaga lahannya. Dengan begitu, petani kita tetap melakukan panen padi dan tanaman pangan lainnya," tegas Kepala Distanak Rohil, Muslim, Senin (17/3) di Bagansiapiapi.
 
Menurutnya, selama Karhutla melanda perkebunan dan lahan hutan di Rohil, petani tanaman pangan tetap melakukan aktivitasnya. "Malahan petani kita bukan cuma melakukan penanaman dan merawat tanaman saja, toh ada yang memanen hasil buminya di seluruh kecamatan," tegas Muslim.
 
Namun demikian, Distanak Rohil tetap mengimbau petani tidak melakukan pembakaran saat membersihan lahan pertanian. "Justru dengan cara membakar bisa merusak unsur hara tanah, makanya kita tetap mengontrol petani tidak membakar lahan saat melakukan pembersihan lahan," sebutnya. 
 
Muslim menegaskan, jika petani tanaman pangan melakukan pembakaran lahan, apapun alasannya maka dijatuhi sanksi. Dengan begitu, lahan pertanian Rohil benar-benar aman dan bebas dari kebakaran. "Bahkan, jerami padi kita minta dikumpulkan setelah panen untuk dijadikan pupuk. Dengan begitu, petani tak lagi harus mengeluarkan dana besar saat mengola tanahnya untuk ditanam ulang," jelas Kepala Distanak ini. (rep1)