Riau Raya

TNI Kirim 1.800 Personel ke Riau Padamkan Kebakaran

Jakarta-Panglima TNI Jenderal Moeldoko memimpin gelar pasukan di pangkalan militer skadron udara 2 Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu 15 Maret 2014.
 
Gelar kesiapan satuan tugas TNI ini dalam rangka pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau. Untuk memadamkan kebakaran hutan itu, TNI mengerahkan 1.800 personel.
 
Sebelumnya, TNI telah menurunkan 925 personel, terdiri dari 25 orang satuan tugas udara dan 900 orang satuan tugas darat. Dengan kekuatan tersebut, TNI berhasil memadamkan 2.871 hektare lahan yang terbakar atau sekitar 140 titik api.
 
Namun karena kebakaran hutan meluas, kini TNI mengirimkan personel tambahan ke Riau sebanyak 1.800 personel yang terdiri dari 900 personel Angkatan Darat, 450 personel Angkatan Laut (Marinir), dan 450 personel Angkatan Udara (Paskhas). Pasukan ini akan dipimpin oleh Brigadir Jenderal TNI Prihadi Agus Irianto.
 
Berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hingga Jumat malam ada 137 titip api di Riau, dengan suhu udara mencapai 24-33 derajat Celcius. Titik-titik api itu tersebar di beberapa kabupaten, antara lain 65 titik di Bengkalis, 6 titik di Indragiri Hilir, 33 titik di Meranti, 11 titik di Pelalawan, 5 titik di Dumai, 17 titik di Siak.
 
Kebakaran hutan yang menimbulkan kabut asap pekat juga membuat Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, Riau, ditutup, karena jarak pandang hanya 100 meter.
 
Polda Riau telah menetapkan 40 orang tersangka pelaku pembakaran hutan, termasuk sebuah perusahaan di Kabupaten Meranti. Kapolda Riau pun menyebarkan maklumat larangan membakar hutan atau lahan. (rep05)